• Thu. Jul 18th, 2024

cumi asin tumis

BySaputra

Aug 12, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan selalu sehat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang hidangan lezat yang pasti akan membuat lidah kalian bergoyang, yaitu “cumi asin tumis”. Siapa yang tidak suka dengan cumi? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi resep cumi asin tumis yang enak dan mudah untuk dipraktikkan di rumah. Jadi, mari kita mulai!

Cumi asin tumis adalah hidangan laut yang terkenal di Indonesia. Rasa gurih dan asin dari cumi yang diolah dengan bumbu-bumbu khas membuatnya menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya itu, proses memasaknya yang cepat dan sederhana menjadikan cumi asin tumis sebagai pilihan yang tepat untuk makan malam keluarga.

Untuk membuat cumi asin tumis, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan utama yang tentunya diperlukan adalah cumi segar. Pilih cumi yang masih segar dan berukuran sedang agar hasil masakan lebih lezat. Selain itu, bahan-bahan lain yang diperlukan antara lain bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, kecap manis, gula, garam, dan minyak goreng.

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan cumi. Bersihkan cumi dengan air bersih dan buang bagian dalamnya. Setelah itu, potong cumi menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera. Jika kalian suka dengan cumi yang lebih besar, potong cumi menjadi irisan tebal. Namun, jika kalian suka dengan cumi yang lebih kecil dan renyah, potong cumi menjadi irisan tipis.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai merah dan cabai hijau yang sudah diiris-iris. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap selama beberapa menit. Setelah itu, masukkan cumi yang sudah dipotong tadi ke dalam wajan. Aduk rata hingga cumi berubah warna menjadi putih.

Setelah cumi berubah warna, tambahkan kecap manis, gula, dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan cumi matang sempurna. Pastikan jangan terlalu lama memasak cumi agar tidak mengeras. Dalam waktu kurang lebih 5-7 menit, cumi asin tumis siap dihidangkan.

Untuk penyajian, cumi asin tumis dapat disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi goreng. Tambahkan irisan cabai rawit jika kalian suka pedas. Jangan lupa juga untuk menambahkan potongan tomat dan daun bawang sebagai hiasan agar tampilan hidangan lebih menarik. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan sedikit jeruk nipis saat memakan cumi asin tumis untuk memberikan kesegaran pada hidangan.

Selain rasanya yang lezat, cumi asin tumis juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Cumi mengandung protein tinggi yang penting untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, cumi juga mengandung zat besi, vitamin B12, dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Namun, ingatlah untuk tetap mengonsumsinya dengan proporsi yang seimbang dan tidak berlebihan.

Nah, itulah informasi mengenai cumi asin tumis yang lezat dan mudah untuk dipraktikkan di rumah. Rasanya yang gurih dan asin membuatnya menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep cumi asin tumis ini di rumah dan nikmati kelezatannya!

Demikianlah artikel ini, Sobat Info Negeri. Semoga informasi mengenai cumi asin tumis ini bermanfaat bagi kalian. Selamat mencoba resep dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

By Saputra