• Thu. Jul 18th, 2024

cara membuat sponge cake

BySaputra

Sep 27, 2023

Hello para pembaca yang budiman! Hari ini saya ingin berbagi dengan kalian cara membuat sponge cake yang lembut dan enak. Sponge cake adalah salah satu jenis kue yang paling populer dan mudah dibuat di rumah. Meskipun terdengar mudah, membuat sponge cake yang sempurna masih memerlukan beberapa teknik dan tips khusus. Jadi, untuk kalian yang ingin mencoba membuat sponge cake di rumah, simaklah artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita masuk ke tahapan membuat sponge cake, pastikan dulu kalian mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Jumlah
Telur 4 butir
Tepung terigu 100 gram
Gula pasir 100 gram
SP (Ovalet) 1/2 sendok teh
Mentega 50 gram
Vanili 1/2 sendok teh

Cara Membuat Sponge Cake

Setelah semua bahan dipersiapkan, kini saatnya kita masuk ke tahapan membuat sponge cake. Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan untuk menghasilkan sponge cake yang lembut dan enak. Berikut tahapannya:

1. Pertama-tama, pisahkan kuning telur dan putih telur. Masukkan putih telur ke dalam mangkuk besar dan sisihkan kuning telur di mangkuk kecil.

2. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi menggunakan mixer hingga berbusa. Setelah itu, tambahkan SP (Ovalet) dan kocok lagi hingga putih telur mengembang dan membentuk puncak yang kokoh.

3. Setelah itu, masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga putih telur mengembang dan bersih.

4. Selanjutnya, masukkan kuning telur satu per satu ke dalam adonan putih telur sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah.

5. Setelah itu, tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk perlahan menggunakan spatula. Pastikan tidak ada gumpalan tepung terigu di dalam adonan.

6. Lalu, tambahkan mentega cair dan vanili ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata.

7. Setelah itu, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti.

8. Panggang sponge cake dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat celcius selama 30-35 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan di atasnya.

9. Setelah matang, keluarkan sponge cake dari oven dan biarkan dingin di atas rak selama beberapa menit.

10. Terakhir, sponge cake siap disajikan! Kamu bisa menghiasnya dengan topping kesukaanmu seperti whipped cream, buah-buahan, atau cokelat.

Tips Membuat Sponge Cake yang Sempurna

Membuat sponge cake memang mudah, namun untuk menghasilkan sponge cake yang sempurna masih memerlukan beberapa tips khusus. Berikut beberapa tips yang bisa kalian ikuti:

1. Pastikan telur yang digunakan dalam keadaan segar dan suhu ruang.

2. Kocok putih telur dengan mixer hingga mengembang dan membentuk puncak yang kokoh.

3. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga putih telur mengembang dan bersih.

4. Masukkan kuning telur satu per satu ke dalam adonan putih telur sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah.

5. Tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk perlahan menggunakan spatula.

6. Jangan terlalu sering membuka oven ketika sponge cake sedang dipanggang karena bisa menyebabkan sponge cake tidak mengembang dengan sempurna.

7. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan setelah tepung terigu ditambahkan karena bisa membuat gluten terbentuk dan membuat sponge cake keras dan kering.

8. Keluarkan sponge cake dari oven ketika sudah matang dan berwarna kecoklatan di atasnya.

9. Biarkan sponge cake dingin di atas rak selama beberapa menit sebelum disajikan.

Kesimpulan

Membuat sponge cake memang mudah dan sederhana, namun memerlukan kehati-hatian dalam setiap tahapannya. Dalam membuat sponge cake, pastikan kalian sudah mempersiapkan semua bahan dan mengikuti tips-tips yang sudah dijelaskan di atas. Dengan memperhatikan semua hal tersebut, dijamin kalian akan berhasil membuat sponge cake yang lembut dan enak di rumah. Selamat mencoba!

By Saputra