• Sun. Jul 14th, 2024

Cara Mudah Membuat Putri Ayu yang Enak

BySaputra

Sep 23, 2023

Hello para pembaca, kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat Putri Ayu yang lezat dan enak. Putri Ayu adalah kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa manis dan lembut serta bentuknya yang lucu seperti putri. Yuk, mari kita simak cara membuat Putri Ayu yang mudah dan praktis ini!

Bahan-bahan:

Bahan Jumlah
Tepung ketan 250 gram
Gula merah 150 gram
Santan kelapa 250 ml
Air matang 150 ml
Daun pandan 2 lembar
Garam 1/4 sendok teh
Tepung terigu 50 gram
Minyak goreng secukupnya

Langkah pertama dalam membuat Putri Ayu adalah mencampurkan tepung ketan, gula merah, dan garam dalam mangkuk. Campurkan hingga merata.

Setelah itu, panaskan air matang dan daun pandan dalam panci hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan campuran tepung ketan dan gula merah ke dalam panci dan aduk hingga rata. Matikan api dan diamkan selama 5 menit.

Selanjutnya, masukkan santan kelapa ke dalam adonan dan aduk kembali hingga merata.

Tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.

Panaskan cetakan Putri Ayu dengan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh dan panggang selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang.

Angkat Putri Ayu dari cetakan dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Tips:

Untuk membuat Putri Ayu yang lebih lezat, Anda bisa menambahkan kelapa parut atau wijen sebagai taburan di atasnya. Selain itu, jangan terlalu banyak memasukkan tepung terigu ke dalam adonan agar Putri Ayu tetap lembut dan tidak keras.

Kesimpulan:

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat Putri Ayu yang lezat dan enak. Selamat mencoba resep ini di rumah dan bagikan pengalaman Anda melalui kolom komentar di bawah. Selamat mencoba!

By Saputra