• Thu. Jul 18th, 2024

Cara Membuat Pie Buah yang Enak dan Lezat

BySaputra

Sep 22, 2023

Hello teman-teman, kali ini saya akan berbagi resep tentang cara membuat pie buah yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Pie buah merupakan makanan penutup yang digemari oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan segar. Pie buah juga cocok disajikan pada acara-acara tertentu seperti ulang tahun atau perayaan lainnya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuat pie buah yang enak dan lezat!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum membuat pie buah, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pie buah:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Gula pasir 100 gram
Mentega 150 gram
Putih telur 2 butir
Garam 1/4 sendok teh
Es batu 50 gram
Buah-buahan (sesuai selera) 500 gram
Susu kental manis 100 ml

Langkah-langkah Membuat Pie Buah

Setelah menyiapkan semua bahan, berikut adalah langkah-langkah membuat pie buah yang enak dan lezat:

1. Membuat adonan pie

Langkah pertama dalam membuat pie buah adalah membuat adonan pie. Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Tambahkan mentega yang telah dipotong kecil-kecil dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan putih telur dan aduk lagi hingga adonan tercampur rata. Tambahkan es batu dan uleni adonan hingga kalis. Setelah itu, letakkan adonan dalam kulkas selama 30 menit.

2. Menyiapkan buah-buahan

Sementara itu, siapkan buah-buahan yang ingin digunakan sebagai isi pie. Anda dapat memilih buah-buahan segar seperti apel, pisang, stroberi, blueberry, atau buah-buahan lainnya sesuai selera Anda. Potong buah-buahan tersebut dan letakkan dalam sebuah wadah.

3. Membuat saus buah

Setelah itu, buatlah saus buah untuk dijadikan isi pie. Caranya, masukkan buah-buahan yang telah dipotong ke dalam panci dan tambahkan sedikit air. Tambahkan gula pasir secukupnya sesuai selera. Masak hingga buah-buahan menjadi lunak dan saus mengental. Setelah itu, tambahkan susu kental manis dan aduk hingga tercampur rata.

4. Menyiapkan loyang pie

Setelah adonan pie telah didiamkan selama 30 menit, keluarkan dari kulkas dan gilas adonan hingga menjadi tipis. Letakkan adonan dalam loyang pie yang telah dioles mentega. Potong bagian yang berlebih dan tata adonan pie dengan rapi.

5. Memasak pie

Setelah itu, tuangkan saus buah ke dalam adonan pie yang telah ditata. Tutup pie dengan adonan pie yang lain dan beri lubang kecil di atasnya. Panggang pie dalam oven selama 30-40 menit atau hingga pie matang.

Kesimpulan

Itulah cara membuat pie buah yang enak dan lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat pie buah sendiri di rumah dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

By Saputra