cara membuat pai susu

Hello teman-teman pembaca setia, kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat pai susu yang mudah dan lezat untuk dicoba di rumah. Pai susu adalah salah satu makanan pencuci mulut yang terkenal di Indonesia, terutama Bali. Pai susu memiliki rasa manis yang lezat dan tekstur yang lembut, sehingga cocok dikonsumsi setelah makan berat atau sebagai camilan di sela-sela aktivitas. Yuk, simak cara membuat pai susu berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Sebelum memulai proses pembuatan pai susu, tentu saja kita harus menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 200 gr
Gula pasir 100 gr
Mentega 100 gr
Telur ayam 2 butir
Susu kental manis 1 kaleng
Garam 1/4 sendok teh

Langkah-langkah pembuatan pai susu:

1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata dan sisihkan.2. Selanjutnya, lelehkan mentega dengan cara dipanaskan di atas api kecil atau menggunakan microwave. Setelah mentega meleleh, sisihkan dan biarkan agak dingin.3. Pecahkan telur ayam ke dalam wadah yang berbeda. Kocok telur hingga rata.4. Masukkan mentega cair ke dalam kocokan telur dan aduk rata.5. Tambahkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan telur dan mentega sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak menggumpal.6. Tuang adonan ke dalam loyang pai yang telah dioles mentega sebelumnya. Ratakan dengan menggunakan spatula.7. Panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 180 derajat celcius selama 15 menit atau hingga pai berwarna kecokelatan.8. Keluarkan pai susu dari oven dan biarkan agak dingin.9. Setelah pai agak dingin, tuang susu kental manis di atas pai susu.10. Ratakan susu kental manis dengan menggunakan spatula.11. Panggang kembali pai susu dalam oven pada suhu yang sama selama 10-15 menit atau hingga susu kental manis terlihat sedikit cokelat.12. Keluarkan pai susu dari oven dan biarkan dingin.13. Setelah pai dingin, keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai dengan selera.14. Pai susu siap disajikan!

Tips agar pai susu menjadi lebih lezat:

1. Gunakan mentega asli untuk membuat pai susu, sehingga rasa pai susu menjadi lebih gurih dan lezat.2. Gunakan susu kental manis dengan merk yang sudah teruji kualitasnya untuk menghindari rasa yang terlalu manis atau tidak pas.3. Tambahkan es krim vanila atau buah segar sebagai penghias pai susu agar terlihat lebih menarik.

Kesimpulan:

Pai susu adalah makanan pencuci mulut yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Dengan mengikuti resep dan tips di atas, Anda dapat membuat pai susu yang lezat dan enak untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!