• Sun. Jul 14th, 2024

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus yang Enak dan Lezat

BySaputra

Oct 24, 2023

Hello teman-teman pembaca setia, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara membuat bolu gulung kukus yang pastinya enak dan lezat. Bolu gulung kukus merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang selalu menjadi favorit di setiap acara. Kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat bolu gulung kukus yang pastinya mudah dan praktis untuk diikuti.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat bolu gulung kukus, pastikan semua bahan telah tersedia dan siap digunakan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan-bahan Jumlah
Tepung Terigu 100 gram
Gula Pasir 100 gram
Telur Ayam 4 butir
Vanila 1 sendok teh
Baking Powder 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Pewarna Makanan (opsional) secukupnya
Susu Cair 100 ml
Margarin 50 gram
Tepung Maizena secukupnya
Gula Halus secukupnya
Keju Parut (opsional) secukupnya

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus yang Enak dan Lezat

Setelah semua bahan tersedia, berikut adalah langkah-langkah cara membuat bolu gulung kukus yang pastinya enak dan lezat:

1. Siapkan loyang berukuran 20 x 20 x 3 cm, oles dengan margarin, dan taburkan tepung maizena. Siapkan kukusan, panaskan air hingga mendidih.

2. Siapkan wadah, masukkan telur, gula pasir, vanila, dan garam. Kocok dengan menggunakan mixer atau whisker hingga adonan mengembang dan berwarna putih pucat.

3. Setelah adonan mengembang, masukkan tepung terigu, baking powder, dan susu cair secara bertahap sambil terus dikocok menggunakan mixer atau whisker hingga adonan tercampur rata.

4. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk kembali hingga tercampur rata. Tambahkan pewarna makanan jika ingin memberikan warna pada adonan.

5. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan dan ratakan permukaannya. Jangan lupa untuk mengetuk loyang agar adonan tercampur rata dan menghilangkan gelembung udara.

6. Kukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang. Tes tusuk dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi untuk memastikan adonan sudah matang. Jika sudah matang, angkat dan biarkan dingin.

7. Setelah adonan dingin, keluarkan dari loyang dan taburi gula halus secara merata di atas permukaannya. Beri isian keju parut atau selai buah sesuai selera. Gulung adonan dengan rapi dan rapat.

8. Sajikan bolu gulung kukus yang enak dan lezat dengan potongan-potongan kecil. Selamat menikmati!

Kesimpulan

Itulah cara membuat bolu gulung kukus yang pastinya enak dan lezat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat bolu gulung kukus yang siap disajikan dalam waktu singkat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra