• Sun. Jul 14th, 2024

cara memasak sayur pare agar tidak pahit

BySaputra

Jan 24, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Terima kasih sudah mampir ke artikel kami kali ini. Kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak sayur pare agar tidak pahit. Sayur pare memang memiliki rasa yang pahit, namun dengan beberapa trik yang tepat, kita bisa menghilangkan rasa pahit tersebut dan tetap bisa menikmati kenikmatan sayuran yang kaya akan manfaat ini. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Sebelum kita masuk ke cara memasak sayur pare agar tidak pahit, ada baiknya kita mengetahui dulu beberapa manfaat yang terkandung dalam sayur pare. Pare mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, serta serat yang tinggi. Sayuran ini juga diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, walaupun rasanya pahit, sayur pare sangatlah baik untuk dikonsumsi.

Nah, sekarang mari kita bahas bagaimana cara memasak sayur pare agar tidak pahit. Pertama-tama, kita perlu melakukan proses perendaman. Caranya adalah dengan mencuci pare terlebih dahulu, kemudian potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sesuai dengan selera. Setelah itu, rendam pare dalam air garam selama kurang lebih 15-30 menit. Rendaman air garam ini akan membantu mengurangi rasa pahit pada pare.

Setelah pare direndam, kita bisa melanjutkan dengan cara menghilangkan rasa pahit pada sayuran ini. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan cara merebus pare terlebih dahulu dalam air yang telah direbus. Rebus pare dalam air mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dan tiriskan. Setelah itu, cuci pare dengan air mengalir untuk menghilangkan getah yang ada pada pare.

Selain merebus, kita juga bisa menggoreng pare terlebih dahulu sebelum dimasak. Caranya adalah dengan memotong pare menjadi irisan tipis-tipis, kemudian goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan minyaknya. Proses penggorengan ini juga akan membantu mengurangi rasa pahit pada pare.

Setelah pare direbus atau digoreng, kita bisa melanjutkan dengan proses memasak sayur pare agar lebih enak. Kita bisa menumis pare dengan bumbu-bumbu kesukaan kita, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan terasi. Tambahkan sedikit gula dan garam untuk mengimbangi rasa pahit yang masih ada. Jika suka, tambahkan juga beberapa bahan lain seperti udang atau telur untuk meningkatkan cita rasa sayur pare.

Selain itu, jika tidak ingin proses pengolahan yang terlalu rumit, kita juga bisa membuat sayur pare dengan cara dikukus. Setelah direbus sebentar agar tidak pahit, letakkan pare dalam panci pengukus dan kukus selama beberapa menit hingga matang. Setelah itu, tambahkan bumbu-bumbu yang diinginkan dan sajikan.

Terakhir, jangan lupa bahwa memilih pare yang masih muda dan segar juga dapat membantu mengurangi rasa pahit pada sayur ini. Pilihlah pare yang berwarna hijau dan kulitnya masih halus. Hindari pare yang sudah tua atau berwarna kuning karena memiliki rasa pahit yang lebih kuat.

Demikianlah beberapa cara memasak sayur pare agar tidak pahit. Meskipun rasanya pahit, dengan trik yang tepat, kita tetap bisa menikmati manfaat dari sayur pare ini. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memasak sayur pare di rumah ya, Sobat Info Negeri! Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

By Saputra