cara memasak daging sapi kecap

Hello, Sobat Info Negeri! Apakah kalian suka masakan dengan bahan dasar daging sapi? Jika iya, kali ini kita akan membahas cara memasak daging sapi kecap yang lezat dan gurih. Daging sapi kecap merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Rasanya yang kaya akan bumbu kecap manis dan aroma daging yang lezat membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak cara memasak daging sapi kecap yang mudah dan enak ini!

Pertama-tama, pastikan kita memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak daging sapi kecap ini. Bahan utama yang kita butuhkan adalah daging sapi segar sekitar 500 gram. Pilihlah potongan daging yang memiliki sedikit lemak agar hasil masakan lebih sempurna. Selain itu, kita juga membutuhkan bawang putih yang telah diiris tipis-tipis sebanyak 4 siung, bawang merah yang telah diiris tipis sebanyak 2 buah, kecap manis sebanyak 4 sendok makan, saus tiram sebanyak 2 sendok makan, garam secukupnya, merica bubuk secukupnya, minyak goreng secukupnya, dan air matang sekitar 200 ml.

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memotong daging sapi menjadi potongan-potongan kecil sesuai dengan selera. Potongan daging yang tidak terlalu besar akan memudahkan kita dalam proses memasaknya. Setelah itu, marinate daging sapi dengan campuran kecap manis, saus tiram, garam, dan merica bubuk selama kurang lebih 30 menit. Diamkan daging sapi dalam wadah tertutup di dalam kulkas agar bumbu meresap dengan sempurna.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan anti lengket. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berubah warna menjadi sedikit kecoklatan. Kemudian, masukkan potongan daging sapi yang telah dimarinasi tadi ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga warna daging berubah menjadi sedikit coklat keemasan. Proses ini bertujuan untuk mengunci kelembapan daging sehingga daging tetap lezat dan empuk.

Setelah daging sapi berubah warna, tambahkan air matang ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tutup wajan dengan penutup yang rapat dan masak dengan api kecil selama sekitar 1 jam. Perlu diingat, aduk-aduklah sesekali agar daging tidak lengket pada dasar wajan dan matang dengan sempurna.

Setelah 1 jam, buka penutup wajan dan tambahkan kecap manis secukupnya sesuai dengan selera. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata dan daging sapi terbalut dengan bumbu kecap manis yang lezat. Biarkan masakan ini terus mendidih dengan api kecil selama kurang lebih 15 menit atau hingga daging sapi empuk dan bumbu meresap dengan sempurna.

Setelah daging sapi empuk dan bumbu kecap meresap dengan baik, kita bisa menyajikan hidangan ini dengan nasi putih hangat. Daging sapi kecap yang gurih dan lezat siap untuk dinikmati. Hidangan ini cocok untuk disantap bersama keluarga tercinta di waktu makan siang atau malam.

Selain disajikan dengan nasi, daging sapi kecap juga cocok dijadikan sebagai lauk pendamping mie atau nasi goreng. Kombinasi daging sapi yang lezat dengan mie atau nasi goreng akan memberikan sensasi rasa yang luar biasa di lidah kita. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan hidangan ini!

Itulah tadi cara memasak daging sapi kecap yang lezat dan gurih. Resep ini sangat sederhana dan bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan pemula sekalipun. Selamat mencoba di dapur kalian sendiri dan nikmati hasil masakan yang lezat ini bersama keluarga tercinta. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba memasak daging sapi kecap. Selamat memasak!