• Sun. Jul 14th, 2024

cara memasak bistik daging sapi

BySaputra

Jan 12, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga hari ini kamu dalam keadaan baik-baik saja. Saya harap kamu sudah siap untuk mengeksplorasi dunia memasak, karena kali ini kita akan membahas cara memasak bistik daging sapi yang lezat dan menggugah selera. Siap-siap untuk mencoba resep yang akan membuat lidahmu bergoyang!

Bistik daging sapi merupakan hidangan yang populer di Indonesia. Daging sapi yang empuk, bumbu yang kaya rasa, dan saus yang gurih membuat bistik ini menjadi favorit di banyak rumah makan. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya memasak bistik daging sapi sendiri di rumah tidaklah sulit? Mari kita mulai!

Pertama-tama, pilihlah daging sapi yang baik. Sebaiknya, gunakan bagian daging yang memiliki kadar lemak sedang, seperti tenderloin atau sirloin. Potong daging dengan ketebalan sekitar 1 cm agar mudah dimasak dan mudah dikunyah. Jangan lupa untuk membersihkan daging dengan air mengalir agar tidak ada kotoran yang menempel.

Setelah itu, marinasi daging dengan bumbu. Bumbu marinasi bisa berupa kecap manis, saus inggris, garam, merica, dan sedikit air jeruk nipis. Campurkan bumbu-bumbu tersebut dalam sebuah wadah, lalu masukkan potongan daging sapi ke dalamnya. Pastikan semua permukaan daging terendam dalam bumbu marinasi. Diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap dengan baik.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan. Goreng potongan daging sapi yang telah dimarinasi tadi hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan. Pastikan daging matang merata, tetapi jangan terlalu lama memasaknya agar daging tetap lembut dan juicy. Angkat daging dari wajan dan sisihkan.

Saatnya membuat saus bistik yang lezat! Tambahkan sedikit minyak dan mentega ke dalam wajan yang sama. Tumis bawang bombay yang telah diiris tipis hingga harum dan berwarna keemasan. Setelah itu, tambahkan irisan jamur dan aduk hingga layu. Tuangkan sedikit air kaldu dan beri gula pasir agar sausnya lebih karamel. Tambahkan juga garam, lada, dan saus tomat untuk memberikan aroma dan rasa yang khas.

Masukkan kembali potongan daging sapi yang telah digoreng ke dalam wajan bersama saus. Aduk rata dan biarkan daging terendam oleh saus selama beberapa menit. Dengan begitu, daging akan menyerap semua rasa yang ada dalam saus bistik ini. Jika kamu suka, tambahkan sedikit air maizena untuk mengentalkan saus. Aduk hingga saus mengental dan daging benar-benar matang.

Sekarang, bistik daging sapi yang lezat dan menggoda siap disajikan! Kamu bisa menikmatinya bersama nasi putih hangat atau kentang goreng. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit taburan daun bawang iris sebagai hiasan agar tampilan bistikmu lebih menarik. Selamat menikmati!

Nah, itulah cara memasak bistik daging sapi yang lezat dan menggugah selera. Ternyata tidak sulit, bukan? Dengan sedikit kesabaran dan sentuhan bumbu yang pas, kamu bisa membuat hidangan ini di rumah dengan mudah. Jangan takut untuk bereksperimen dengan bumbu atau bahan tambahan sesuai dengan selera masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba memasak bistik daging sapi sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra