cara memasak asem asem daging

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian semua baik-baik saja. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi tentang cara memasak asem asem daging. Siapa yang tidak menyukai hidangan yang segar dan asam ini? Asem asem daging adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang lezat dan nikmat. Yuk, simak cara memasaknya di bawah ini!

Asem asem daging adalah hidangan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu segar dan asam. Biasanya, menggunakan daging sapi tetapi bisa juga menggunakan daging ayam atau ikan. Hidangan ini memiliki rasa yang unik karena gabungan antara rasa asam dan pedas yang segar di lidah.

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat asem asem daging adalah daging sapi, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai, asam jawa, gula merah, garam, dan minyak untuk menumis. Selain itu, Anda bisa menambahkan sayuran seperti tomat, kacang panjang, daun melinjo, dan terong sesuai selera.

Langkah pertama dalam memasak asem asem daging adalah menyiapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit. Kemudian, iris-iris daun jeruk, daun salam, dan serai. Jangan lupa memotong-motong daging sapi menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dimasak.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Kemudian, masukkan irisan daun jeruk, daun salam, dan serai. Tumis semua bumbu tersebut hingga matang dan harum.

Setelah bumbu matang, tambahkan potongan daging sapi ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga daging berubah warna dan matang. Tambahkan air secukupnya dan biarkan daging mendidih hingga empuk. Jika suka, Anda bisa menambahkan sayuran seperti tomat, kacang panjang, daun melinjo, dan terong ke dalam masakan ini.

Setelah itu, tambahkan asam jawa yang telah larut dalam sedikit air ke dalam masakan. Rasakan masakan apakah sudah cukup asam atau belum. Jika belum, Anda bisa menambahkan asam jawa lagi sesuai dengan selera. Tambahkan juga gula merah dan garam secukupnya untuk memberikan rasa manis dan gurih pada masakan.

Biarkan masakan mendidih sebentar agar semua bumbu meresap ke dalam daging dan sayuran. Asem asem daging siap disajikan! Sajikan hidangan ini selagi hangat dengan nasi putih dan sambal terasi.

Selain memiliki rasa yang lezat, asem asem daging juga memiliki manfaat kesehatan. Daging sapi mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan otot dan pemulihan tubuh setelah beraktivitas. Asam jawa yang digunakan dalam masakan ini juga mengandung banyak vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selamat mencoba resep asem asem daging ini di rumah, Sobat Info Negeri! Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari cara memasak asem asem daging. Jangan lupa untuk berbagi resep ini kepada teman-teman dan keluarga agar mereka juga bisa menikmati hidangan yang lezat ini. Selamat memasak dan selamat menikmati!