• Thu. Jul 18th, 2024

cara memasak asam manis

BySaputra

Nov 20, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak asam manis yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan asam manis? Rasanya yang unik dan segar membuat hidangan ini selalu menjadi favorit bagi banyak orang. Apalagi jika dimasak dengan bahan-bahan segar dan ditambahkan dengan sentuhan khas dari rumah kita sendiri. Yuk, simak bersama-sama cara memasak asam manis yang praktis dan enak!

Sebelum kita memasak asam manis, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk hidangan asam manis ini, kita membutuhkan bahan utama seperti daging ayam fillet yang sudah dipotong dadu kecil, paprika merah dan hijau yang juga dipotong dadu, bawang bombay yang diiris tipis, serta saus tomat dan saus cabai untuk menambahkan rasa pedas pada hidangan ini. Selain itu, bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, merica, gula, cuka, dan tepung maizena juga perlu disiapkan.

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggoreng daging ayam fillet hingga matang dan berwarna kecokelatan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan daging ayam dari minyak. Tidak perlu terlalu lama menggorengnya, agar daging ayam tetap juicy dan lezat.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di wajan dan tumis bawang bombay hingga harum dan berwarna kecokelatan. Setelah itu, tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan aduk rata. Tumis bumbu-bumbu tersebut hingga tercium aroma yang sedap.

Setelah bumbu-bumbu matang, tambahkan paprika merah dan hijau yang sudah dipotong dadu. Aduk rata dan biarkan paprika sedikit layu namun tetap renyah. Jangan lupa tambahkan sedikit gula, garam, dan merica sesuai dengan selera Anda. Bumbu-bumbu ini akan memberikan cita rasa yang khas pada hidangan asam manis kita.

Selanjutnya, tambahkan saus tomat dan saus cabai ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam bahan-bahan lainnya. Tambahkan sedikit air untuk mengentalkan saus asam manis ini. Setelah itu, masukkan daging ayam yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan. Aduk rata semua bahan dan biarkan mendidih sebentar.

Sementara itu, siapkan larutan maizena dengan mencampurkan tepung maizena dengan sedikit air. Tuangkan larutan maizena ke dalam wajan dan aduk rata. Larutan maizena ini berfungsi untuk mengentalkan saus asam manis kita.

Setelah semua bahan matang dan saus mengental, hidangan asam manis siap disajikan. Anda bisa menyajikannya dengan nasi putih hangat atau mie yang digoreng. Rasanya yang manis, asam, dan sedikit pedas ini akan langsung menggugah selera Anda.

Itulah tadi cara memasak asam manis yang praktis dan enak. Hidangan ini cocok disantap bersama keluarga tercinta di rumah. Selain itu, hidangan asam manis juga dapat menjadi pilihan menu untuk acara makan-makan bersama teman-teman. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri semua. Jangan lupa untuk mencoba resep asam manis ini di rumah ya. Selamat memasak dan selamat menikmati hidangan yang lezat ini!

By Saputra