cara masak tongseng ayam tanpa santan

Hello Sobat Info Negeri! Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tongseng ayam merupakan salah satu masakan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan bumbu yang kaya membuat tongseng ayam menjadi hidangan yang tak bisa ditolak. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki alergi atau menghindari konsumsi santan, tentu mencari alternatif cara memasak tongseng ayam tanpa santan menjadi sebuah solusi yang tepat. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara masak tongseng ayam tanpa santan yang tetap nikmat dan lezat. Yuk, simak!

Sebelum memulai proses memasak tongseng ayam tanpa santan, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:1. 500 gram daging ayam, potong menjadi beberapa bagian sesuai selera2. 2 batang serai, memarkan3. 3 lembar daun salam4. 3 lembar daun jeruk5. 2 cm lengkuas, memarkan6. 2 buah tomat, potong menjadi beberapa bagian7. 4 buah kentang, kupas dan potong menjadi beberapa bagian8. 200 ml air kelapa9. 2 sendok makan minyak goreng10. Garam secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan dalam membuat tongseng ayam tanpa santan ini. Bumbu-bumbu yang akan digunakan antara lain:1. 5 siung bawang merah2. 3 siung bawang putih3. 5 butir kemiri, sangrai sejenak4. 2 cm jahe5. 2 cm kunyit6. 1 sendok teh ketumbar, sangrai sejenak7. 1 sendok teh merica butiran

Setelah semua bahan bumbu di atas siap, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar, dan merica dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah bumbu-bumbu halus tersebut siap, langkah selanjutnya adalah memasak tongseng ayam tanpa santan.

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap dalam beberapa menit.

Setelah bumbu tercampur dengan baik, tambahkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk rata hingga ayam berubah warna dan terbalut dengan bumbu. Tuangkan air kelapa ke dalam wajan dan aduk kembali hingga rata. Tutup wajan dan biarkan ayam matang dan empuk.

Setelah ayam matang, tambahkan potongan kentang dan tomat ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan kentang dan tomat empuk. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya untuk memberikan rasa yang pas. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

Setelah semua bahan matang dan tercampur dengan baik, cicipi tongseng ayam tanpa santan yang kamu buat. Jika dirasa rasanya sudah pas, angkat tongseng ayam dari wajan dan tuangkan ke dalam mangkuk saji.

Tongseng ayam tanpa santan siap disajikan! Hidangkan tongseng ayam ini selagi hangat bersama nasi putih dan lalapan segar. Tongseng ayam tanpa santan ini tetap memiliki rasa yang gurih dan lezat meskipun tidak menggunakan santan sebagai bahan utama. Selamat menikmati!

Itulah cara masak tongseng ayam tanpa santan yang bisa kamu coba di rumah. Dengan resep ini, kamu tetap bisa menikmati hidangan tongseng ayam meskipun sedang menghindari konsumsi santan. Selain itu, kamu juga bisa membagikan resep ini kepada teman-teman yang memiliki alergi terhadap santan atau sedang mencari alternatif masakan yang sehat dan lezat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba resep masak tongseng ayam tanpa santan. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman memasakmu kepada kami. Terima kasih telah membaca, Sobat Info Negeri!