• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak tempoyak ikan patin

BySaputra

Dec 17, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak tempoyak ikan patin yang lezat dan menggugah selera. Tempoyak ikan patin adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang menggunakan bahan utama ikan patin dan bumbu tempoyak yang khas. Jika kalian pecinta makanan pedas dan memiliki rasa ingin mencoba hidangan baru, artikel ini sangat cocok untuk kalian. Yuk, simak cara membuat tempoyak ikan patin berikut ini!

Sebelum kita mulai memasak, pastikan kita memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat tempoyak ikan patin, kita memerlukan ikan patin segar, tempoyak, bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun jeruk, serai, lengkuas, daun kunyit, santan kelapa, garam, dan minyak goreng. Pastikan semua bahan tersebut tersedia sebelum memulai proses memasak.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ikan patin. Cuci ikan patin dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang ada. Setelah itu, lumuri ikan patin dengan air jeruk nipis atau air asam jawa untuk menghilangkan bau amis yang mungkin masih ada pada ikan. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas kembali dengan air bersih.

Setelah ikan patin bersih, potong-potong ikan menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera. Jika suka, kita juga bisa meninggalkan ikan patin dalam ukuran utuh. Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah menggunakan blender atau ulekan. Jika ingin pedas, tambahkan lebih banyak cabai merah sesuai dengan selera.

Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun kunyit hingga harum. Tambahkan sedikit air bila perlu agar bumbu tidak gosong. Setelah bumbu matang, masukkan ikan patin yang sudah dipotong tadi ke dalam wajan. Aduk rata agar ikan terbalut bumbu dengan sempurna.

Tambahkan santan kelapa ke dalam wajan dan masak dengan api kecil. Tambahkan sedikit garam sesuai dengan selera. Aduk perlahan agar santan meresap ke dalam ikan patin. Biarkan ikan matang hingga teksturnya lembut dan santan mengental. Jangan lupa untuk sesekali mencicipi kuah dan tambahkan garam jika diperlukan.

Setelah tempoyak ikan patin matang, angkat dan sajikan dalam piring saji. Hidangan ini bisa dihidangkan secara langsung dengan nasi putih hangat atau lalapan segar. Rasakan sensasi pedasnya bumbu tempoyak yang kaya rasa dan gurihnya ikan patin yang lembut. Selamat menikmati!

Itulah cara masak tempoyak ikan patin yang bisa kita coba di rumah. Hidangan ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Selain rasanya yang lezat, tempoyak ikan patin juga memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Ikan patin mengandung banyak protein, omega-3, dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, tempoyak juga mengandung bakteri baik yang baik untuk pencernaan kita. Jadi, dengan mengonsumsi hidangan ini secara teratur, kita juga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan kita. Namun, perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi hidangan ini karena kelebihan santan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah, Sobat Info Negeri, itulah cara masak tempoyak ikan patin yang lezat dan menggugah selera. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa menikmati hidangan khas Indonesia dengan rasa pedas yang khas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra