• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak telur ceplok

BySaputra

Dec 18, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas tentang cara masak telur ceplok yang praktis dan enak. Siapa yang tidak suka dengan telur ceplok? Masakan sederhana ini bisa menjadi hidangan yang lezat untuk sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Telur ceplok adalah salah satu hidangan yang paling mudah dan cepat untuk disiapkan. Hanya dalam hitungan menit, kita bisa menikmati telur yang lezat dengan kuning yang sedap. Apakah kamu penasaran bagaimana cara memasak telur ceplok yang sempurna? Tenang, saya akan membagikan beberapa tips dan trik untuk kalian.

Langkah pertama dalam memasak telur ceplok adalah menyiapkan bahan-bahannya. Tentu saja, bahan utamanya adalah telur. Pilihlah telur yang segar dan berkualitas. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan bahan tambahan seperti garam, lada, atau bumbu lain sesuai dengan selera. Jangan lupa menyiapkan minyak atau mentega untuk menggoreng telur.

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat masak. Gunakan wajan anti lengket agar telur tidak lengket saat dimasak. Jika kalian tidak memiliki wajan anti lengket, bisa gunakan sedikit minyak atau mentega untuk mencegah lengketnya telur.

Setelah wajan dan bahan-bahan siap, saatnya memasak telur ceplok. Pertama-tama, panaskan wajan dengan api sedang. Tambahkan sedikit minyak atau mentega untuk melapisi wajan. Jika sudah terasa panas, pecahkan telur satu per satu ke dalam wajan. Pastikan kuning telur tetap utuh dan tidak pecah.

Ketika telur mulai mengeras di bagian bawah, tambahkan garam dan lada sesuai dengan selera. Jangan terlalu banyak menambahkan garam atau lada agar rasa telur tidak terlalu asin atau pedas. Setelah itu, tutup wajan dengan penutup atau piring datar untuk memasak bagian atas telur.

Biarkan telur masak selama beberapa menit hingga kuning telur matang sesuai dengan selera. Jika kalian menyukai kuning telur yang masih setengah matang, cukup masak selama 2-3 menit. Namun, jika kalian lebih menyukai kuning telur yang matang sempurna, masak selama 4-5 menit. Jangan lupa sesekali memeriksa keadaan telur agar tidak terlalu matang atau gosong.

Setelah telur matang, angkat dari wajan dan letakkan di piring saji. Telur ceplok siap disajikan! Kalian bisa menyantapnya sebagai hidangan utama dengan nasi dan lauk lainnya, atau dengan roti sebagai menu sarapan yang praktis.

Selain cara tradisional memasak telur ceplok di atas kompor, kini juga banyak teknik modern yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan microwave. Caranya cukup mudah, tinggal pecahkan telur ke dalam mangkuk yang aman untuk microwave, tambahkan bumbu sesuai selera, dan masak dalam microwave selama 1-2 menit. Telur ceplok pun siap disantap!

Nah, itulah cara masak telur ceplok yang praktis dan enak. Meskipun sederhana, telur ceplok bisa menjadi hidangan yang lezat dan bergizi untuk kalian. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah, ya. Saya harap artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi Sobat Info Negeri. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan telur ceplok yang lezat!

By Saputra