• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak sop bakso

BySaputra

Sep 30, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan siap untuk mencoba resep yang lezat ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara masak sop bakso yang sangat enak dan cocok untuk menghangatkan tubuh di hari-hari yang dingin. Sop bakso adalah salah satu hidangan favorit banyak orang di Indonesia, dan membuatnya sendiri di rumah tentu akan memberikan kepuasan tersendiri. Jadi, mari kita mulai!

Sebelum kita masuk ke dalam langkah-langkah memasak sop bakso, ada beberapa bahan yang perlu kita siapkan terlebih dahulu. Pastikan untuk mempersiapkan 250 gram bakso favoritmu, 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 1 batang daun bawang yang telah diiris tipis, 2 lembar daun salam, 1 ruas jari jahe yang telah dihaluskan, 2 buah wortel yang telah dipotong dadu kecil, 1 buah kentang yang telah dipotong dadu kecil, 1 batang seledri yang telah diiris halus, 1 sendok teh garam, ½ sendok teh merica bubuk, dan 1 sendok teh kaldu bubuk.

Setelah semua bahan telah siap, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan panci dan menuangkan air secukupnya ke dalamnya. Panaskan panci dengan api sedang hingga air mendidih. Setelah itu, masukkan bakso ke dalam panci dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Setelah bakso matang, angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan jahe yang telah dihaluskan, daun salam, dan daun bawang. Aduk rata dan masak selama beberapa menit. Setelah itu, masukkan wortel dan kentang yang telah dipotong dadu kecil. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga sayuran sedikit lunak.

Setelah sayuran lunak, tuangkan air yang cukup ke dalam wajan. Tambahkan garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk rata dan biarkan mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan sop mendidih perlahan selama sekitar 15-20 menit agar semua bumbu dan rasa meresap dengan baik.

Selanjutnya, masukkan bakso yang telah ditiriskan ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sop mendidih kembali selama beberapa menit. Setelah itu, tambahkan seledri yang telah diiris halus. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga seledri layu.

Setelah selesai memasak, angkat wajan dari api dan tuangkan sop bakso ke dalam mangkuk. Supaya sop terlihat lebih menarik, kamu bisa menambahkan irisan daun seledri atau bawang goreng di atasnya. Selamat! Sop bakso yang lezat siap dinikmati!

Tidak sulit, bukan? Dengan resep yang sederhana ini, kamu bisa menikmati sop bakso yang enak dan hangat langsung di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan rasa dan bumbu sesuai dengan selera pribadi. Jika kamu menyukai makanan pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit atau saus sambal ke dalam sopmu. Namun, jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah merica yang digunakan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sayuran lainnya seperti sawi hijau, jamur, atau tahu ke dalam sop bakso ini. Kreativitasmu dalam memasak tidak terbatas, jadi jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan membuat variasi sop bakso sesuai dengan selera dan keinginanmu.

Baiklah Sobat Info Negeri, itulah resep cara masak sop bakso yang enak dan sederhana. Semoga resep ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba memasak sop bakso di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi resep ini kepada teman-temanmu agar mereka juga bisa menikmati hidangan yang lezat ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

By Saputra