cara masak sambal teri

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Hari ini saya akan berbagi sebuah resep yang pastinya akan membuat lidah Sobat bergoyang. Saya yakin Sobat sudah tidak sabar untuk mengetahui cara masak sambal teri yang lezat dan menggugah selera. Nah, sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang sambal teri.

Sambal teri adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggoyang lidah. Teri sendiri merupakan ikan yang sangat populer di Indonesia dan berukuran kecil-kecil. Biasanya, sambal teri disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Tapi, Sobat juga bisa menikmatinya dengan nasi goreng atau mie goreng jika ingin mencoba variasi yang berbeda.

Untuk membuat sambal teri yang enak, Sobat akan membutuhkan bahan-bahan berikut:1. 200 gram teri nasi, cuci bersih dan goreng hingga kering2. 5 siung bawang merah, iris tipis3. 3 siung bawang putih, iris tipis4. 10 buah cabai rawit merah, iris tipis (tambahkan atau kurangi sesuai selera pedas Sobat)5. 5 buah cabai merah besar, iris serong6. 2 lembar daun jeruk, iris tipis7. 1 batang serai, memarkan8. 2 cm lengkuas, memarkan9. 1 sendok makan gula pasir10. 1 sendok teh garam11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan terkumpul, kita bisa mulai dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.2. Masukkan cabai rawit merah, cabai merah besar, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Aduk rata dan masak hingga cabai layu.3. Tambahkan teri nasi yang telah digoreng kering. Aduk rata dan masak hingga teri agak berubah warna.4. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata dan masak hingga semua bumbu meresap dan teri matang sempurna.5. Koreksi rasa, jika perlu tambahkan gula dan garam sesuai selera Sobat.6. Setelah matang, angkat sambal teri dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Sangat mudah, bukan? Sobat hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas dan dalam waktu singkat, sambal teri lezat siap untuk dinikmati. Pastikan untuk mencicipi sambal teri yang Sobat buat, agar bisa menyesuaikan rasa dengan selera Sobat sendiri.

Sambal teri ini memiliki rasa yang unik dengan sentuhan pedas yang khas. Cocok untuk melepas penat setelah seharian bekerja atau sebagai hidangan istimewa saat acara keluarga. Sobat juga bisa mengkreasikan sambal teri ini dengan tambahan bahan lain seperti terong goreng, pete, atau tempe goreng sebagai variasi hidangannya.

Selain enak, sambal teri juga memiliki manfaat kesehatan. Ikan teri kaya akan asam lemak omega-3, yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, cabai dalam sambal teri juga mengandung capsaicin, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu dalam penurunan berat badan. Jadi, Sobat bisa menikmati sambal teri sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Nah, itulah cara masak sambal teri yang lezat dan bergizi. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan berkreasilah dengan bahan tambahan sesuai selera Sobat. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil membantu Sobat dalam mengolah sambal teri yang enak. Selamat mencoba dan semoga sukses!