• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak rendang dengan bumbu jadi dari pasar

BySaputra

Nov 22, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang kembali di artikel kami kali ini. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara masak rendang dengan bumbu jadi dari pasar. Rendang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di mata internasional. Rasanya yang kaya rempah dan teksturnya yang lezat membuat rendang menjadi hidangan yang tak terlupakan. Namun, tidak semua orang memiliki waktu dan keahlian untuk membuat rendang yang autentik. Oleh karena itu, menggunakan bumbu jadi dari pasar bisa menjadi pilihan yang praktis. Yuk, simak cara menyajikan rendang yang lezat dan lembut dengan bumbu jadi!

Sebelum kita masuk ke dalam proses memasak rendang, ada baiknya kita memahami dulu apa itu rendang. Rendang adalah hidangan daging yang dimasak dalam kuah kental yang terbuat dari campuran rempah-rempah yang kaya akan cita rasa. Proses memasak rendang membutuhkan waktu yang cukup lama karena daging harus dimasak dengan lembut hingga kuah benar-benar meresap.

Saat ini, ada banyak bumbu jadi yang tersedia di pasar untuk memasak rendang. Bumbu ini biasanya terdiri dari campuran rempah-rempah seperti serai, jahe, kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan beberapa rempah lainnya. Bumbu jadi ini memudahkan kita untuk menghasilkan rendang yang lezat tanpa perlu membeli dan mencampur berbagai rempah-rempah secara terpisah.

Langkah pertama dalam memasak rendang dengan bumbu jadi adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Selain bumbu jadi, kita juga perlu menyiapkan daging sapi yang potongannya sesuai dengan selera, santan kelapa, daun jeruk, daun salam, serai, dan garam secukupnya. Dalam hal ini, bumbu jadi akan berfungsi sebagai pengganti rempah-rempah yang biasanya digunakan dalam resep tradisional.

Setelah semua bahan siap, kita dapat memulai proses memasak rendang. Pertama, tumis bumbu jadi dalam minyak goreng hingga harum. Pastikan untuk mengaduk secara teratur agar bumbu tidak gosong. Setelah itu, masukkan potongan daging sapi dan aduk hingga daging terbalut rata dengan bumbu.

Selanjutnya, tambahkan santan kelapa dan aduk kembali hingga rata. Tambahkan juga daun jeruk, daun salam, serai yang sudah dimemarkan, dan garam secukupnya. Aduk kembali semua bahan hingga merata, lalu tutup panci dengan rapat.

Proses selanjutnya adalah memasak rendang dengan api kecil. Biarkan rendang mendidih perlahan dan masak dengan api kecil selama kurang lebih dua hingga tiga jam. Pastikan untuk sesekali membuka tutup panci dan mengaduk rendang agar kuah meresap dan daging menjadi lebih empuk.

Setelah dua hingga tiga jam, cek keempukan daging dengan menusuknya menggunakan garpu. Jika daging sudah empuk dan kuah sudah meresap, maka rendang sudah siap disajikan. Anda bisa menikmati rendang dengan nasi hangat atau nasi merah, serta ditambahkan dengan emping goreng untuk memberikan rasa yang gurih.

Dengan menggunakan bumbu jadi dari pasar, Anda dapat menyajikan rendang yang lezat dan lembut tanpa perlu repot mencari dan mencampur berbagai rempah-rempah. Bumbu jadi juga memudahkan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Namun, ingatlah bahwa hasil rendang dengan bumbu jadi mungkin akan sedikit berbeda dengan yang dibuat menggunakan rempah-rempah segar secara tradisional.

Kesimpulannya, cara masak rendang dengan bumbu jadi dari pasar adalah pilihan yang praktis dan cepat untuk menyajikan rendang yang lezat. Meskipun hasilnya mungkin berbeda dengan rendang tradisional, namun Anda tetap dapat menikmati cita rasa rendang yang autentik. Jadi, jika Anda ingin menyajikan rendang yang lezat dalam waktu yang singkat, jangan ragu untuk mencoba menggunakan bumbu jadi dari pasar. Selamat mencoba, Sobat Info Negeri, dan selamat menikmati rendang yang lezat!

By Saputra