cara masak remis

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Sudahkah kalian mencoba masak remis? Jika belum, jangan khawatir! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara masak remis yang mudah dan enak. Remis, atau sering juga disebut kerang tiram, adalah salah satu seafood yang banyak digemari di Indonesia. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kalian bisa membuat hidangan remis yang lezat di rumah sendiri.

Sebelum kita mulai masak remis, pastikan bahwa remis yang kalian beli segar dan dalam kondisi baik. Remis segar memiliki cangkang yang rapat dan tertutup. Jika ada remis yang sudah mati atau cangkangnya pecah, lebih baik jangan digunakan.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membersihkan remis. Cuci remis menggunakan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang menempel pada cangkang. Gunakan sikat lembut atau kain bersih untuk membersihkan cangkang remis. Jangan lupa untuk membuang remis yang mati atau rusak.

Setelah membersihkan remis, langkah selanjutnya adalah mengawinkan remis yang masih hidup. Remis hidup memiliki cangkang yang sedikit terbuka, dan jika disentuh akan menutup dengan cepat. Jika ada remis yang tidak menutup saat dipegang, berarti remis tersebut sudah mati dan tidak bisa dimasak.

Setelah mengawinkan remis hidup, kita bisa mulai menyiapkan bumbu untuk memasak remis. Bahan yang dibutuhkan antara lain bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, daun bawang, dan saus tiram. Tumis bawang putih, bawang merah, jahe, dan cabai merah hingga harum. Tambahkan saus tiram secukupnya untuk memberi aroma dan rasa yang lezat pada remis.

Setelah bumbu matang, masukkan remis ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Tutup wajan dan masak remis dengan api kecil hingga cangkang remis terbuka. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk remis agar matang merata.

Setelah remis matang, tambahkan daun bawang yang sudah dipotong-potong kecil. Aduk rata dan biarkan sebentar agar daun bawang sedikit layu. Remis yang sudah matang dan dihiasi dengan daun bawang siap untuk disajikan.

Remis yang sudah matang bisa disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Remis dapat dihidangkan sebagai hidangan penutup atau sebagai hidangan utama yang dikombinasikan dengan nasi putih. Beberapa orang juga suka menambahkan sedikit perasan jeruk nipis pada remis untuk memberi rasa segar.

Selain dimasak dengan bumbu yang telah disebutkan, remis juga bisa dimasak dengan berbagai cara lainnya, seperti dikukus, digoreng, atau dibakar. Setiap cara memasak memberikan sensasi dan rasa yang berbeda pada remis. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan cara memasak remis yang lain.

Itulah cara mudah dan sederhana untuk memasak remis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa menikmati hidangan remis yang lezat di rumah sendiri. Selain itu, memasak remis sendiri juga lebih ekonomis dan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga atau teman-teman.

Sekian artikel tentang cara masak remis kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba masak remis di rumah. Jangan lupa untuk selalu mencari remis segar dan memasak dengan bahan-bahan yang berkualitas. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan remis yang lezat!