• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak rajungan

BySaputra

Nov 9, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara masak rajungan. Rajungan merupakan salah satu jenis kepiting yang memiliki daging lezat dan sangat populer di Indonesia. Mungkin sebagian dari kalian belum pernah mencobanya, tapi jangan khawatir! Saya akan memberikan panduan lengkap untuk memasak rajungan yang lezat dan lembut. Mari kita simak bersama-sama!

Sebelum kita memulai, ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang rajungan. Rajungan memiliki ciri khas yang berbeda dengan jenis kepiting lainnya. Bentuknya lebih lebar dan pipih dengan cangkang yang lebih keras. Biasanya, rajungan hidup di perairan payau seperti estuari, muara sungai, dan laguna. Rajungan memiliki ciri khas berwarna oranye kecokelatan dan memiliki sepasang cakar yang kuat.

Pertama-tama, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih rajungan yang segar. Pastikan rajungan yang kalian beli masih hidup dan aktif. Pilihlah rajungan dengan cangkang yang utuh dan tidak terlalu berat. Hal ini menandakan bahwa rajungan tersebut masih segar dan memiliki daging yang lezat.

Setelah memilih rajungan yang segar, langkah selanjutnya adalah membersihkannya. Bersihkan rajungan dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada cangkangnya. Jangan lupa untuk membersihkan cakar dan insang rajungan dengan hati-hati. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat agar kalian dapat menikmati rajungan yang lezat dan bersih.

Setelah membersihkan rajungan, saatnya untuk memasaknya. Ada berbagai cara untuk memasak rajungan, tapi kali ini kita akan memasak rajungan dengan cara yang sederhana dan lezat. Pertama-tama, siapkan panci berukuran sedang dan isi dengan air. Tambahkan garam secukupnya dan masak air hingga mendidih.

Setelah air mendidih, masukkan rajungan ke dalam panci. Rebus rajungan selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga cangkangnya berubah warna menjadi merah kecokelatan. Jangan terlalu lama merebus rajungan karena dagingnya bisa menjadi keras dan kering. Setelah direbus, angkat rajungan dari panci dan tiriskan.

Setelah rajungan direbus, kita dapat melanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu mengeluarkan dagingnya. Caranya, putarlah cangkang rajungan secara perlahan hingga terbuka. Ambil daging rajungan dengan hati-hati dan sisihkan kulitnya. Rajungan memiliki daging yang lezat dan lembut, jadi pastikan untuk tidak merusak dagingnya saat mengeluarkannya.

Setelah daging rajungan dipisahkan dari cangkangnya, kita dapat memilih untuk memasaknya dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menggoreng rajungan. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng daging rajungan hingga berwarna kecokelatan. Pastikan untuk tidak menggoreng daging terlalu lama agar tetap lezat dan tidak kering.

Jika kalian ingin mencoba menu yang lebih beragam, kalian juga dapat membuat resep rajungan saus padang atau rajungan saus tiram. Dalam resep tersebut, daging rajungan diolah dengan berbagai bumbu dan saus yang akan memberikan rasa yang lebih kaya dan lezat pada rajungan.

Sekarang, rajungan lezat kalian sudah siap disantap! Kalian dapat menikmatinya sebagai hidangan utama atau sebagai pelengkap hidangan lainnya, seperti nasi goreng atau mi goreng. Rajungan memiliki rasa gurih dan manis yang khas, dan dagingnya yang lezat akan membuat hidangan kalian semakin istimewa.

Demikianlah, Sobat Info Negeri, panduan lengkap tentang cara masak rajungan. Rajungan merupakan hidangan yang lezat dan populer di Indonesia. Dengan sedikit usaha dan keahlian memasak, kalian dapat membuat rajungan yang lezat dan lembut di rumah sendiri. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan rajungan yang lezat!

By Saputra