cara masak paru sapi

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas cara memasak paru sapi yang lezat dan menggugah selera. Paru sapi bisa menjadi pilihan yang mengenyangkan untuk menu harianmu. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuatnya cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan, mulai dari sate, soto, hingga tumis. Jadi, yuk kita simak cara memasak paru sapi yang simple namun tetap menghasilkan masakan yang enak!

Sebelum memasak paru sapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan kamu membeli paru sapi segar dan bebas dari bau yang tidak sedap. Jika masih ada lapisan lemak pada paru sapi, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Setelah itu, kita bisa mulai memasak paru sapi dengan langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merebus paru sapi. Pertama-tama, cuci paru sapi dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, potong paru sapi menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dimasak. Selanjutnya, masukkan potongan paru sapi ke dalam panci berisi air. Tambahkan sedikit garam dan sedikit cuka ke dalam panci untuk menghilangkan bau tidak sedap pada paru sapi. Rebus paru sapi selama kurang lebih 30-45 menit atau hingga paru sapi benar-benar empuk. Jangan lupa untuk sesekali membuang busa yang muncul di permukaan air rebusan.

Setelah paru sapi empuk, angkat dan tiriskan paru sapi. Setelah itu, potong paru sapi menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai dengan selera. Kamu bisa memotongnya menjadi dadu kecil atau irisan tipis, tergantung pada hidangan yang akan kamu masak. Setelah dipotong, paru sapi siap untuk dimasak lebih lanjut.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan paru sapi yang sudah dipotong tadi. Aduk rata dan masak hingga paru sapi berubah warna menjadi kecokelatan. Agar lebih lezat, tambahkan sedikit kecap manis dan saus tiram ke dalam wajan. Aduk rata dan masak beberapa saat hingga bumbu meresap ke dalam paru sapi.

Jika kamu ingin menyajikan paru sapi sebagai hidangan sate, kamu bisa menyusun potongan paru sapi di tusukan sate dan panggang di atas bara api. Bolak-balik sate agar matang merata dan berikan bumbu kecap manis saat sate hampir matang. Jika kamu ingin paru sapi menjadi hidangan soto, kamu bisa merebusnya kembali dengan kaldu sapi dan tambahkan bumbu soto seperti daun bawang, seledri, bawang goreng, dan irisan kentang goreng.

Tadaa! Paru sapi siap disajikan. Kamu bisa menyantapnya sebagai hidangan utama bersama nasi hangat dan sayuran segar. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal akan membuat lidahmu bergoyang. Selain itu, paru sapi juga mengandung banyak nutrisi, seperti protein dan zat besi, yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi, Sobat Info Negeri, itu dia cara memasak paru sapi yang lezat dan menggugah selera. Meskipun terlihat sederhana, namun paru sapi bisa menjadi hidangan yang istimewa jika dimasak dengan benar. Selamat mencoba di dapur dan selamat menikmati sajian paru sapi yang lezat!