• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak otak sapi

BySaputra

Dec 15, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara masak otak sapi yang lezat dan menggugah selera. Otak sapi adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Meskipun mungkin terdengar agak ekstrem bagi sebagian orang, otak sapi sebenarnya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang kaya. Jadi, jika kamu penasaran dan ingin mencoba, mari kita mulai!

Masakan otak sapi umumnya bisa diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, atau dijadikan bahan tambahan untuk sup atau semur. Dalam artikel ini, kita akan fokus pada salah satu cara paling sederhana, yaitu otak sapi goreng.

Langkah pertama dalam memasak otak sapi adalah mempersiapkan bahan-bahannya. Kamu akan membutuhkan otak sapi segar, bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun bawang, garam, merica, dan tepung terigu. Pastikan otak sapi yang kamu beli segar dan telah dibersihkan dengan baik.

Setelah semua bahan siap, selanjutnya kita akan memasak otak sapi. Pertama-tama, iris bawang putih, bawang merah, dan cabai merah menjadi potongan kecil. Kemudian, panaskan sedikit minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

Setelah itu, tambahkan irisan cabai merah ke dalam tumisan bawang dan aduk rata. Jika kamu menyukai makanan yang pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabai sesuai dengan selera. Tumis semua bahan hingga cabai layu dan mengeluarkan aroma yang sedap.

Setelah bahan-bahan tumisan matang, tambahkan otak sapi yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga otak sapi berubah warna menjadi putih kekuningan. Jangan terlalu lama memasak otak sapi, karena teksturnya akan menjadi terlalu kenyal.

Selanjutnya, tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam otak sapi. Jangan terlalu banyak menggunakan garam, karena otak sapi memiliki rasa yang agak asin secara alami.

Terakhir, tambahkan daun bawang yang telah diiris halus ke dalam wajan. Aduk rata dan masak sebentar hingga daun bawang layu. Jangan terlalu lama memasak daun bawang agar tetap segar dan memberikan aroma yang sedap.

Setelah selesai memasak, hidangan otak sapi goreng siap untuk disajikan. Kamu bisa menikmatinya sebagai lauk makanan utama atau sebagai tambahan untuk nasi goreng atau mie goreng. Otak sapi goreng memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang kaya, membuatnya menjadi hidangan yang istimewa.

Namun, perlu diingat bahwa otak sapi sebaiknya dimasak dengan baik untuk mencegah risiko infeksi atau penyakit seperti BSE (Bovine Spongiform Encephalopathy). Jadi, pastikan otak sapi yang kamu beli berasal dari sumber yang terpercaya dan telah melalui proses pemeriksaan kesehatan yang ketat.

Itulah cara masak otak sapi yang lezat dan menggugah selera. Meskipun terdengar agak ekstrem, otak sapi sebenarnya bisa menjadi hidangan yang unik dan enak jika dimasak dengan benar. Jadi, jika kamu penasaran, jangan ragu untuk mencoba di rumah. Selamat memasak dan selamat menikmati!

By Saputra