• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak kikil sapi

BySaputra

Aug 13, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas sebuah resep masakan yang lezat dan menggoda selera, yaitu cara masak kikil sapi. Bagi pecinta masakan Indonesia, kikil sapi mungkin sudah menjadi hidangan favorit. Kikil sapi memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih, sehingga cocok untuk dijadikan hidangan utama ataupun makanan pendamping. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak cara masak kikil sapi yang santai ini!

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kita telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kikil sapi yang lezat:

1. 500 gram kikil sapi, bersihkan dan potong-potong2. 2 batang serai, memarkan3. 3 lembar daun jeruk4. 4 lembar daun salam5. 2 cm lengkuas, memarkan6. 3 siung bawang putih, cincang halus7. 5 buah cabai merah besar, iris serong8. 2 sendok makan kecap manis9. 1 sendok makan kecap asin10. Garam secukupnya11. Gula secukupnya12. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai proses memasak kikil sapi dengan langkah-langkah berikut:

1. Pertama-tama, rebus kikil sapi dalam air mendidih hingga empuk. Jika menggunakan panci presto, cukup rebus selama 30-40 menit. Namun, jika tidak punya panci presto, rebus selama kurang lebih 2-3 jam hingga kikil sapi benar-benar empuk.

2. Setelah kikil sapi empuk, tiriskan dan potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai selera. Hal ini akan mempermudah proses penggorengan selanjutnya.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, cabai merah, serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas hingga harum.

4. Masukkan potongan kikil sapi yang telah dipotong-potong ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu-bumbu yang sudah ditumis tadi.

5. Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam, dan gula secukupnya. Aduk kembali hingga semua bumbu tercampur merata.

6. Masak kikil sapi dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kikil sapi menjadi lebih kering.

7. Setelah matang, angkat kikil sapi dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Hidangan kikil sapi siap dinikmati dengan nasi putih hangat.

Selamat menikmati hidangan kikil sapi yang lezat dan gurih! Jika ingin menambahkan variasi dalam penyajian, kita juga bisa menambahkan sedikit irisan daun bawang atau taburan bawang goreng sebagai hiasan. Selain itu, kikil sapi juga enak disajikan dengan sambal terasi atau sambal kecap sebagai pelengkap.

Selain rasanya yang nikmat, kikil sapi juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Kikil sapi mengandung kolagen, protein, dan mineral yang baik untuk kesehatan tulang dan kulit kita. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba resep masakan kikil sapi yang sedap ini!

Demikianlah cara masak kikil sapi yang santai dan lezat. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Sobat Info Negeri dalam mencoba masakan baru di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan kikil sapi yang lezat!

By Saputra