cara masak kikil cabe ijo kecap

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga semua dalam keadaan baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak kikil cabe ijo kecap yang lezat dan menggugah selera. Bagi kalian pecinta kuliner, pasti sudah tak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Yuk, simak artikel ini sampai selesai agar kalian dapat memasak kikil cabe ijo kecap yang lezat di rumah!

Sebelum kita mulai memasak, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kikil. Kikil adalah bagian dari sapi yang terletak pada kaki bagian bawah. Biasanya, kikil digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai hidangan, termasuk kikil cabe ijo kecap yang akan kita bahas kali ini. Kikil memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang enak, sehingga cocok dijadikan hidangan lezat untuk keluarga tercinta.

Untuk membuat kikil cabe ijo kecap, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:- 500 gram kikil sapi, potong kecil-kecil- 3 sendok makan minyak goreng- 5 siung bawang putih, cincang halus- 4 buah cabai hijau besar, iris tipis- 2 sendok makan saus tiram- 2 sendok makan kecap manis- Garam secukupnya- Merica secukupnya- Air matang secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kita langsung saja masuk ke tahap persiapan. Pertama-tama, rendam kikil dalam air dingin selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan membantu menghilangkan bau amis pada kikil. Setelah itu, rebus kikil dalam air mendidih sampai empuk. Biasanya, proses perebusan membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit tergantung dari ketebalan kikil. Jika sudah empuk, tiriskan kikil dan potong-potong kecil sesuai selera.

Setelah kikil siap, kita bisa langsung memasak kikil cabe ijo kecap. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan cabai hijau iris. Aduk rata dan masak hingga cabai hijau layu. Setelah itu, masukkan potongan kikil dan aduk hingga tercampur merata.

Selanjutnya, masukkan saus tiram dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama 3-5 menit. Tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk mencicipi rasa agar sesuai dengan keinginan.

Terakhir, tambahkan air matang secukupnya ke dalam wajan dan masak dengan api kecil sampai bumbu meresap dan kikil matang sempurna. Pastikan kikil benar-benar empuk dan bumbu sudah meresap ke dalam daging. Setelah itu, angkat dan hidangkan kikil cabe ijo kecap dalam piring saji.

Tadaa! Kikil cabe ijo kecap yang lezat siap disantap. Hidangan ini cocok disajikan sebagai menu utama bersama dengan nasi putih hangat dan sayur-sayuran segar sebagai pelengkap. Rasanya yang gurih, pedas, dan sedikit manis akan membuat lidah kalian bergoyang.

Itulah cara masak kikil cabe ijo kecap yang dapat kalian coba di rumah. Selain enak, hidangan ini juga mudah untuk dipersiapkan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba memasaknya sendiri, bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Demikianlah artikel tentang cara masak kikil cabe ijo kecap kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba memasak hidangan yang lezat dan nikmat. Jangan lupa untuk selalu eksplorasi berbagai resep makanan lainnya agar kehidupan kuliner kalian semakin berwarna. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada artikel berikutnya!