• Wed. Jul 17th, 2024

cara masak kembang tahu

BySaputra

Oct 21, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara masak kembang tahu yang lezat dan menggugah selera. Kembang tahu adalah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan tekstur lembut dan rasa yang enak. Tidak hanya mudah dibuat, tetapi juga cocok untuk dinikmati kapan saja. Jadi, jika kamu ingin mencoba masak kembang tahu di rumah, yuk ikuti resep berikut ini.

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kamu memiliki semua bahan yang kamu butuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat kembang tahu:

1. Tahu putih segar2. Bawang putih, cincang halus3. Bawang merah, cincang halus4. Cabai merah, iris tipis (jika suka pedas)5. Minyak sayur, secukupnya6. Garam, secukupnya7. Merica bubuk, secukupnya8. Kecap manis, secukupnya9. Air, secukupnya10. Daun bawang, iris tipis (untuk pelengkap)

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan tahu. Ambil tahu putih segar dan potong-potong kecil sesuai dengan selera. Ukuran yang umum digunakan adalah sekitar 2×2 cm. Jika kamu ingin tahu lebih empuk, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum menggorengnya.

Selanjutnya, panaskan minyak sayur dalam wajan yang cukup besar. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah iris hingga harum dan berubah warna. Jika kamu tidak suka makanan pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai merah yang digunakan.

Setelah bumbu-bumbu tumis matang, masukkan potongan tahu ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu tumis dan biarkan tahu tercampur sempurna dengan bumbu. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya untuk memberikan rasa yang pas.

Kemudian, tuangkan air secukupnya ke dalam wajan. Pastikan tahu terendam oleh air, tetapi tidak terlalu banyak. Tutup wajan dengan penutup dan biarkan tahu matang dan empuk dalam air yang mendidih. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit.

Selama menunggu tahu matang, kamu bisa menyiapkan penggorengan. Panaskan minyak sayur dalam wajan terpisah hingga panas. Setelah tahu matang, angkat tahu dari wajan yang berisi air dan tiriskan.

Goreng tahu yang sudah ditiriskan dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Pastikan semua sisi tahu tergoreng dengan sempurna. Jika tahu sudah berwarna kecokelatan, angkat dan tiriskan tahu dari minyak.

Sekarang, kembang tahu yang lezat siap disajikan! Kamu bisa menambahkan sedikit kecap manis di atas kembang tahu untuk memberikan rasa manis yang khas. Kamu juga bisa menambahkan sedikit daun bawang iris tipis sebagai hiasan dan penyedap.

Kembang tahu bisa disajikan sebagai makanan penutup atau sebagai hidangan pendamping makan nasi. Rasanya yang gurih dan kaya rempah akan membuat siapa saja ketagihan. Kamu juga bisa menambahkan bumbu atau saus lain sesuai dengan selera, seperti saus sambal atau saus kacang.

Itulah dia Sobat Info Negeri, cara masak kembang tahu yang lezat dan menggugah selera! Tidak sulit, bukan? Kamu bisa mencoba resep ini di rumah dan menikmati hidangan khas Indonesia yang lezat. Jangan lupa berbagi dengan teman dan keluarga agar mereka juga bisa merasakan kelezatannya. Selamat mencoba!

By Saputra