• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak ikan teri

BySaputra

Dec 13, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ikan teri yang lezat dan nikmat. Ikan teri merupakan salah satu bahan masakan yang sering digunakan dalam hidangan Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi favorit banyak orang. Jadi, bagi kalian yang ingin mencoba membuat hidangan ikan teri sendiri di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sebelum kita memulai proses memasaknya, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Ikan teri merupakan ikan kecil yang umumnya digunakan sebagai bumbu penyedap dalam masakan. Ikan ini dapat ditemukan di perairan Indonesia dengan mudah. Ikan teri memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti protein, kalsium, dan omega-3.

Langkah pertama dalam proses memasak ikan teri adalah membersihkannya terlebih dahulu. Kita perlu membersihkan ikan teri dari kotoran dan bau amis yang mungkin masih menempel pada ikan tersebut. Caranya cukup sederhana, pertama-tama kita rendam ikan teri dalam air garam selama beberapa menit. Setelah itu, bilas ikan teri hingga bersih menggunakan air mengalir. Pastikan ikan teri benar-benar bersih sebelum kita memasaknya.

Setelah membersihkan ikan teri, kita dapat melanjutkan dengan langkah selanjutnya, yaitu penggorengan. Siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya. Jika minyak sudah cukup panas, masukkan ikan teri ke dalam wajan dan goreng hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan. Perlu diperhatikan bahwa ikan teri memiliki ukuran yang kecil, jadi proses penggorengan ini tidak membutuhkan waktu lama. Pastikan ikan teri tidak terlalu lama digoreng agar tidak terlalu kering.

Setelah ikan teri digoreng, angkat dan tiriskan ikan teri dari minyak. Kita dapat menggunakan serbet atau tisu dapur untuk menyerap kelebihan minyak pada ikan tersebut. Hal ini bertujuan agar hidangan ikan teri yang kita buat tidak terlalu berminyak. Setelah itu, ikan teri siap disajikan dengan pelengkap lainnya sesuai selera, seperti nasi putih, sambal, atau sayur.

Selain digoreng, ikan teri juga dapat diolah dengan cara lain, yaitu digoreng kering atau disebut juga dengan ikan teri kering. Caranya cukup mudah, setelah ikan teri dibersihkan, kita dapat meletakkannya di atas nampan atau loyang. Jemur ikan teri di bawah terik matahari selama beberapa jam hingga ikan teri benar-benar kering. Setelah kering, ikan teri siap disimpan dalam wadah kedap udara untuk digunakan kapan saja.

Kini, Sobat Info Negeri sudah memiliki pengetahuan tentang cara masak ikan teri yang sederhana dan mudah. Selain rasanya yang lezat, ikan teri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengolah ikan teri di rumah. Selamat mencoba dan semoga hidangan ikan teri yang Sobat Info Negeri buat menjadi nikmat dan disukai oleh keluarga!

Demikianlah artikel tentang cara masak ikan teri yang santai. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba membuat hidangan ikan teri sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kebersihan dan kesehatan dalam proses memasak. Happy cooking! Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

By Saputra