cara masak ikan patin tempoyak

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar di pagi yang cerah ini? Semoga semuanya baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi resep masakan yang tidak kalah lezatnya dengan hidangan-hidangan lainnya. Yup, kita akan membahas tentang cara masak ikan patin tempoyak yang pastinya akan membuat air liur Sobat Info Negeri meleleh.

Ikan patin tempoyak adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sangat populer, terutama di daerah Sumatra. Terbuat dari ikan patin segar yang dikombinasikan dengan bumbu tempoyak yang khas, hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Tidak hanya enak, ikan patin tempoyak juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sebelum kita mulai memasak, tentunya kita perlu menyiapkan semua bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Sobat Info Negeri siapkan:

– 500 gram ikan patin segar- 200 gram tempoyak- 3 siung bawang merah, iris tipis- 2 siung bawang putih, cincang halus- 2 buah cabai merah, iris serong- 2 batang serai, memarkan- 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek- 2 lembar daun kunyit, sobek-sobek- 1 sendok teh terasi, bakar sebentar- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh gula- Air secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ikan patin. Cuci ikan patin dengan air mengalir hingga bersih, kemudian lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit agar bau amis ikan hilang. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih.

Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian goreng ikan patin hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat ikan dan tiriskan. Jika Sobat Info Negeri tidak ingin menggoreng ikan, ikan patin juga bisa dipanggang atau dibakar dengan menggunakan alat pemanggang.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan baru dan tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, dan daun kunyit. Aduk rata hingga bumbu matang dan harum.

Tambahkan tempoyak dan terasi ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur sempurna. Tambahkan sedikit air agar saus tempoyak tidak kental. Masukkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera.

Masukkan ikan patin yang telah digoreng ke dalam wajan berisi campuran bumbu tempoyak. Aduk-aduk perlahan agar ikan terbalut dengan bumbu secara merata. Tutup wajan dan biarkan ikan matang dan bumbu meresap selama sekitar 10-15 menit.

Setelah itu, hidangan ikan patin tempoyak siap dihidangkan. Sobat Info Negeri bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat dan lalapan segar. Rasakan sensasi lezatnya ikan patin yang empuk dan bumbu tempoyak yang kaya rasa.

Selain lezat, ikan patin tempoyak juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Ikan patin mengandung protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Sedangkan tempoyak mengandung probiotik alami yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Nah, itulah Sobat Info Negeri, resep cara masak ikan patin tempoyak yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Selamat mencoba dan nikmati hidangan lezat ini bersama keluarga tercinta. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan foto masakan Sobat Info Negeri di kolom komentar. Selamat menikmati!