• Wed. Jul 17th, 2024

cara masak cumi

BySaputra

Jul 6, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak cumi yang lezat dan nikmat. Siapa di antara kalian yang suka dengan cumi? Cumi memang menjadi salah satu hidangan laut yang populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat cumi menjadi favorit banyak orang. Nah, jika kalian ingin mencoba memasak cumi sendiri di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Cumi merupakan hewan moluska yang hidup di lautan. Di Indonesia, cumi dikenal dengan berbagai variasi masakan, mulai dari cumi goreng, cumi saus tiram, cumi asam manis, hingga cumi bakar. Bagaimana cara memasak cumi yang benar agar tetap lezat dan tidak overcooked? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapan Bahan-BahanSebelum memasak, pastikan kita sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang umum digunakan dalam masakan cumi antara lain cumi segar, bawang putih, bawang bombai, cabai merah, kecap manis, saus tiram, garam, dan minyak goreng. Jangan lupa juga untuk menyiapkan bumbu tambahan seperti lada hitam, daun bawang, atau serai jika ingin memberikan aroma yang lebih khas pada masakan cumi.

2. Membersihkan dan Mempersiapkan CumiLangkah pertama dalam memasak cumi adalah membersihkannya dengan baik. Bersihkan cumi dari lendir dan cuci dengan air bersih. Setelah itu, kupas kulit luar cumi dan keluarkan bagian dalamnya. Jangan lupa untuk membersihkan kantong tinta pada cumi, karena jika tidak dibuang dapat membuat masakan menjadi pahit. Setelah itu, potong cumi sesuai selera, bisa diagonal atau memanjang.

3. Tumis BumbuPanaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Jika suka dengan rasa pedas, tambahkan cabai merah yang sudah diiris tipis. Aduk-aduk bumbu tersebut secara perlahan agar tidak gosong.

4. Masukkan CumiSetelah bumbu tumis harum, masukkan cumi yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. Tumis cumi hingga berubah warna menjadi putih pucat. Jangan terlalu lama menumis cumi agar tidak overcooked dan kehilangan teksturnya yang kenyal.

5. Tambahkan Bumbu TambahanSetelah cumi berubah warna, tambahkan bumbu tambahan seperti saus tiram, kecap manis, garam, lada hitam, atau bumbu lain sesuai selera. Aduk rata agar bumbu meresap dan rasa masakan menjadi lebih nikmat.

6. Koreksi RasaSetelah membubuhkan bumbu tambahan, jangan lupa untuk mencicipi masakan cumi tersebut. Jika dirasa perlu, tambahkan garam atau bumbu lain sesuai dengan selera masing-masing.

7. Sajikan HangatSetelah semua bahan dan bumbu tercampur rata, angkat cumi dari wajan dan sajikan hangat. Cumi bisa disajikan dengan nasi putih, mie goreng, atau juga bisa dijadikan sebagai lauk pendamping untuk makan siang atau malam.

Itulah cara sederhana untuk memasak cumi yang enak dan lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa menciptakan hidangan cumi yang lezat dan nikmat di rumah. Jangan lupa berkreasi dan menambahkan bumbu atau rempah-rempah sesuai dengan selera masing-masing ya!

Sekian artikel kali ini tentang cara masak cumi yang santai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua yang ingin mencoba memasak cumi sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga hidangan cumi kalian menjadi lezat dan disukai oleh keluarga. Terima kasih telah membaca, Sobat Info Negeri!

By Saputra