• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak cumi sambal

BySaputra

Dec 22, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan lezat yang bisa dijadikan menu makan malam, yaitu “cara masak cumi sambal”. Bagi pecinta makanan pedas, hidangan ini tentu menjadi favorit yang tak boleh dilewatkan. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak secara santai cara memasak cumi sambal yang enak dan menggugah selera!

Sebelum kita mulai memasak, tentu kita membutuhkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang akan kita gunakan:1. 500 gram cumi segar2. 3 sendok makan minyak goreng3. 5 siung bawang putih, diiris tipis4. 5 buah cabai merah keriting, diiris serong5. 3 buah cabai rawit merah, diiris serong6. 1 buah tomat, dipotong dadu7. 2 sendok makan saus tomat8. 1 sendok makan kecap manis9. 1 sendok teh gula pasir10. Garam secukupnya11. Air secukupnya

Setelah kita menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan cumi. Pertama, cuci cumi dengan air bersih dan buang kantong tinta yang ada di dalamnya. Kemudian, potong cumi menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera.

Setelah cumi bersih dan siap digunakan, langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabai merah keriting dan cabai rawit merah. Aduk rata hingga cabai mulai layu dan mengeluarkan aroma harum.

Berikutnya, masukkan potongan cumi ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu yang sudah ada. Tambahkan saus tomat, kecap manis, dan gula pasir. Aduk rata dan biarkan cumi meresap dengan bumbu selama beberapa menit.

Jika kamu menyukai cita rasa pedas yang kuat, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera. Namun, jika kamu tidak terlalu tahan pedas, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan cabai rawit. Sesuaikan dengan selera masing-masing ya!

Setelah cumi meresap dengan bumbu, tambahkan potongan tomat dan aduk rata. Tambahkan sedikit air agar bumbu tercampur dengan baik dan cumi matang merata. Jangan terlalu banyak menambahkan air agar sambal cumi tidak terlalu berkuah.

Setelah itu, tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan masak cumi dengan api kecil selama kurang lebih 10-15 menit atau hingga cumi matang sempurna. Jangan terlalu lama menggoreng cumi agar tidak terlalu kenyal.

Setelah cumi matang, angkat dan hidangkan dalam piring saji. Cumi sambal siap disantap dengan nasi hangat sebagai pelengkap. Kamu juga bisa menambahkan irisan daun bawang atau daun seledri sebagai hiasan pada cumi sambal untuk menambahkan aroma segar.

Selamat menikmati hidangan cumi sambal ala rumahan yang pedas dan lezat! Selain cocok disajikan sebagai hidangan utama, cumi sambal juga bisa menjadi hidangan pembuka yang menggugah selera. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah ya, Sobat Info Negeri!

Terakhir, semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Sobat Info Negeri dalam mengolah cumi menjadi hidangan yang nikmat dan lezat. Selamat mencoba dan selamat menikmati makanan pedas yang satu ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

By Saputra