• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak balado terong

BySaputra

Jan 12, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang di artikel kami kali ini yang akan membahas tentang cara masak balado terong. Siapa di antara Sobat Info Negeri yang tidak suka dengan masakan pedas? Masakan balado terong adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Terong yang digoreng dengan sempurna yang kemudian disiram dengan saus balado yang pedas dan sedap. Hmm…membayangkan rasanya saja sudah membuat air liur kita mengalir, bukan?

Balado terong adalah hidangan tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Hidangan ini terkenal dengan cita rasa yang pedas dan nikmat. Terong yang digunakan dalam hidangan ini biasanya berwarna ungu gelap dan memiliki tekstur yang lembut. Jika Sobat Info Negeri ingin mencoba resep masak balado terong yang lezat ini, ikuti langkah-langkah berikut ini!

Bahan-bahannya sangat sederhana dan mudah ditemukan di pasaran. Sobat Info Negeri akan membutuhkan terong ungu sebanyak 6 buah. Pastikan terong yang Sobat Info Negeri ambil masih segar dan tidak terlalu matang. Selain itu, siapkan juga 5 buah cabai merah besar yang sudah diiris, 4 siung bawang merah yang sudah dihaluskan, 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, 2 lembar daun jeruk purut yang sudah diiris halus, 2 sendok makan minyak untuk menumis, garam secukupnya, dan gula secukupnya.

Setelah Sobat Info Negeri menyiapkan semua bahan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan terong. Cuci terong dengan air bersih, kemudian potong terong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Jika Sobat Info Negeri menyukai terong yang lebih kenyal, Anda bisa memotongnya menjadi potongan yang lebih besar. Namun, jika Sobat Info Negeri lebih suka terong yang lembut, potong terong menjadi potongan yang lebih kecil.

Setelah memotong terong, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum. Kemudian, masukkan cabai merah yang telah diiris ke dalam wajan, aduk hingga bumbu merata. Tambahkan daun jeruk purut dan aduk kembali.

Setelah itu, masukkan potongan terong ke dalam wajan. Aduk perlahan agar bumbu terbalut merata di seluruh potongan terong. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera Sobat Info Negeri. Tutup wajan dan biarkan terong matang dalam saus balado selama kurang lebih 10-15 menit dengan api kecil.

Setelah terong matang, balado terong siap disajikan! Sobat Info Negeri bisa menikmatinya dengan nasi hangat atau sebagai lauk pendamping makan siang atau malam. Jangan lupa untuk mencicipi balado terong ini, karena rasa pedas yang khas dan sensasi lezat yang dihasilkan akan membuat Sobat Info Negeri ketagihan!

Selain itu, Sobat Info Negeri juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera. Misalnya, Sobat Info Negeri dapat menambahkan tomat ceri yang memperkaya rasa dan memberikan sedikit keasaman pada hidangan. Atau jika Sobat Info Negeri suka dengan makanan yang lebih gurih, Sobat Info Negeri bisa menambahkan daging sapi atau ayam yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam hidangan ini.

Selamat mencoba, Sobat Info Negeri! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba masak balado terong. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman Sobat Info Negeri jika artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!

By Saputra