cara masak ayam merah

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ayam merah yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan ayam merah? Ayam merah adalah salah satu olahan ayam yang populer di Indonesia. Rasanya yang gurih, pedas, dan manis membuatnya menjadi favorit banyak orang. Nah, jika kalian ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, yuk simak cara masak ayam merah yang mudah dan praktis berikut ini!

Sebelum kita mulai dengan resepnya, ada beberapa bahan yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam merah antara lain:

1. 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian sesuai selera2. 2 sendok makan minyak goreng3. 4 siung bawang putih, haluskan4. 5 buah bawang merah, haluskan5. 2 ruas jahe, memarkan6. 3 batang serai, memarkan7. 4 lembar daun jeruk, sobek-sobek8. 5 buah cabai merah besar, iris serong9. 3 sendok makan kecap manis10. 2 sendok makan saus tomat11. 1 sendok teh garam12. 1 sendok teh gula pasir13. Air secukupnya

Setelah bahan-bahan telah tersedia, kita dapat mulai proses memasak ayam merah yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, panaskan minyak di dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan bawang putih, bawang merah, jahe, serai, dan daun jeruk. Tumis bumbu-bumbu tersebut hingga harum dan matang.

2. Selanjutnya, masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk rata ayam dengan bumbu yang telah ditumis tadi. Pastikan semua bagian ayam terbalut bumbu dengan baik.

3. Tambahkan air secukupnya ke dalam wajan hingga menutupi ayam. Masak ayam dengan api sedang hingga air mendidih.

4. Setelah air mendidih, tambahkan cabai merah, kecap manis, saus tomat, garam, dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk rata semua bahan dan pastikan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

5. Tutup wajan dan masak ayam dengan api kecil selama 30-40 menit atau hingga ayam matang dan kuah mengental. Jangan lupa sesekali aduk-aduk ayam agar tidak gosong.

6. Setelah matang, angkat ayam merah dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Taburi ayam merah dengan irisan daun bawang atau bawang merah goreng untuk memberikan sentuhan terakhir pada hidangan ini.

7. Ayam merah siap disantap! Nikmati ayam merah hangat dengan nasi putih dan sayur-sayuran sebagai pelengkapnya.

Itulah cara masak ayam merah yang bisa kalian coba di rumah. Terdengar mudah, bukan? Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang simpel, kalian bisa menciptakan hidangan yang lezat dan menggugah selera ini. Ayam merah ini cocok disajikan sebagai hidangan utama di acara keluarga atau bahkan untuk makan sehari-hari.

Tidak hanya lezat, ayam merah juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. Ayam adalah sumber protein yang baik dan penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan dalam masakan ayam merah ini juga memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pencernaan.

Nah, itulah artikel tentang cara masak ayam merah yang bisa kalian coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian dalam memasak. Selamat mencoba dan semoga sukses!