• Wed. Jul 17th, 2024

cara masak ayam kecap pedas

BySaputra

Jul 21, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ayam kecap pedas. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Rasanya yang gurih, pedas, dan manis membuatnya menjadi salah satu menu favorit di meja makan. Nah, jika kalian ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, yuk simak cara masak ayam kecap pedas yang simple dan enak ini!

Pertama-tama, tentunya kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kalian persiapkan:

1. 500 gram ayam, potong menjadi beberapa bagian sesuai selera2. 4 sendok makan kecap manis3. 2 sendok makan saus sambal4. 3 siung bawang putih, cincang halus5. 2 buah cabai merah besar, iris tipis6. 1 buah bawang bombay, iris tipis7. 1 buah wortel, potong dadu kecil8. 1/2 sendok teh garam9. 1/4 sendok teh merica bubuk10. 2 sendok makan minyak goreng11. Daun bawang secukupnya, iris halus untuk taburan

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang kita bisa mulai memasak ayam kecap pedas yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah memasak ayam. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan ayam. Aduk hingga ayam berubah warna menjadi kecokelatan.

2. Setelah ayam berubah warna, tambahkan bawang bombay dan cabai merah. Aduk rata dan masak hingga bawang bombay layu dan cabai merah terlihat agak layu.

3. Tuang kecap manis dan saus sambal ke dalam wajan. Aduk rata hingga ayam terbalut dengan baik oleh bumbu-bumbu tersebut.

4. Tambahkan wortel ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga wortel menjadi sedikit lunak namun tetap renyah.

5. Bumbui dengan garam dan merica bubuk sesuai selera. Aduk rata dan masak selama beberapa menit agar bumbu meresap ke dalam ayam dan sayuran.

6. Setelah matang, angkat ayam kecap pedas dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Taburkan potongan daun bawang sebagai hiasan.

Itulah dia cara masak ayam kecap pedas yang simple dan enak. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa menyajikan hidangan lezat ini di rumah dan memanjakan lidah keluarga tercinta. Selain itu, ayam kecap pedas juga bisa menjadi menu yang cocok untuk acara makan bersama teman-teman.

Tidak hanya lezat, ayam kecap pedas juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Ayam yang kaya akan protein dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, cabai merah yang digunakan dalam hidangan ini mengandung capsaicin, suatu senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mengurangi berat badan.

Sekarang, kalian sudah memiliki resep ayam kecap pedas yang tak kalah enak dengan yang dijual di restoran. Selamat mencoba dan semoga hidangan ini menjadi favorit di rumah kalian. Jangan lupa, bagi penggemar pedas, bisa menambahkan saus sambal lebih banyak sesuai selera. Selamat memasak dan menikmati hidangan yang lezat ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

By Saputra