• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak asam pedas

BySaputra

Jul 24, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar semuanya? Semoga semua dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas tentang resep cara masak asam pedas. Siapa yang suka makanan pedas di sini? Jika kamu termasuk pecinta makanan pedas, maka resep ini wajib kamu coba. Asam pedas merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuat asam pedas yang lezat dan mantap!

Asam pedas adalah hidangan khas Indonesia yang memiliki rasa asam dan pedas yang khas. Biasanya, hidangan ini terdiri dari bahan utama seperti ikan, udang, atau ayam yang dimasak dengan bumbu-bumbu segar seperti cabai, belimbing wuluh, tomat, bawang merah, bawang putih, dan beberapa bumbu lainnya. Asam pedas merupakan hidangan yang sering kali dijumpai di daerah Sumatera, khususnya Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Namun, popularitasnya telah menyebar ke seluruh Indonesia hingga menjadi favorit banyak orang.

Untuk membuat asam pedas yang lezat, pertama-tama kita akan membutuhkan bahan-bahan berikut:- 500 gram ikan (sesuai selera, bisa menggunakan ikan mas, ikan kakap, atau ikan tongkol)- 5 buah cabai merah besar (sesuai selera, bisa ditambah atau dikurangi)- 10 buah cabai rawit (sesuai selera, bisa ditambah atau dikurangi)- 5 buah belimbing wuluh (jika tidak ada, bisa diganti dengan 1 buah tomat)- 3 siung bawang putih- 5 siung bawang merah- 2 buah tomat- 2 lembar daun jeruk- 1 batang serai- 2 cm lengkuas- Gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, berikut adalah langkah-langkah untuk memasak asam pedas yang lezat:

1. Pertama-tama, bersihkan ikan sesuai dengan selera. Jika menggunakan ikan tongkol atau ikan kakap, potong ikan menjadi beberapa bagian. Namun, jika menggunakan ikan mas, kamu bisa membiarkannya utuh.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit menggunakan blender atau cobek.

3. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga harum dan matang.

4. Masukkan daun jeruk, serai yang sudah dimemarkan, dan lengkuas yang sudah digeprek ke dalam wajan. Aduk-aduk bumbu hingga tercampur rata.

5. Tambahkan tomat yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk-aduk semua bumbu hingga tercampur rata.

6. Setelah itu, tambahkan belimbing wuluh atau tomat yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

7. Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan. Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.

8. Masukkan ikan ke dalam wajan. Pastikan ikan terendam oleh bumbu dan air.

9. Masak asam pedas dengan menggunakan api sedang hingga matang. Jika menggunakan ikan mas, masak hingga ikan matang sempurna. Namun, jika menggunakan ikan tongkol atau ikan kakap, masak hingga ikan empuk dan bumbu meresap.

10. Setelah matang, angkat asam pedas dari wajan dan sajikan di atas piring. Asam pedas siap dinikmati!

Itulah resep cara masak asam pedas yang lezat dan mantap. Kamu bisa menikmatinya dengan nasi putih hangat atau nasi uduk. Rasanya yang pedas dan asam akan membangkitkan selera makanmu. Jangan lupa untuk menyesap kuah asam pedas yang segar dan nikmat. Selamat mencoba dan semoga hidangan ini bisa menjadi salah satu hidangan favorit di rumahmu.

Selain menggoyang lidah dengan cita rasa pedas dan asamnya, asam pedas juga memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah penting. Kandungan vitamin C yang tinggi pada cabai dan belimbing wuluh dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu. Jadi, tidak ada salahnya mencoba hidangan yang lezat ini, bukan?

Demikianlah artikel kali ini tentang cara masak asam pedas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba memasak hidangan lezat ini di rumah. Jangan lupa berbagi resep ini kepada teman-temanmu agar mereka juga bisa menikmati hidangan yang sama. Selamat mencoba dan selamat menikmati asam pedas yang lezat dan mantap!

By Saputra