Cara Bikin Kue Putri Ayu yang Lezat dan Mudah

Mengapa Harus Mencoba Bikin Kue Putri Ayu Sendiri?

Hello teman-teman pecinta kue! Apakah kalian pernah mencoba membuat kue putri ayu sendiri di rumah? Kue yang sangat populer di Indonesia ini terkenal dengan rasa manis dan legit yang bikin nagih. Selain itu, bikin kue putri ayu sendiri juga memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

Keuntungan Bikin Kue Putri Ayu Sendiri
1. Lebih hemat biaya
2. Bisa menentukan kualitas bahan yang digunakan
3. Bisa mengatur kadar gula sesuai selera
4. Bisa menikmati kue yang masih segar dan hangat

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan kue putri ayu, pastikan kalian telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang perlu dipersiapkan:

Bahan-bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Maizena 50 gram
Gula pasir 200 gram
Santan kental 500 ml
Daun pandan 2 lembar
Telur 4 butir
Garam 1/2 sendok teh
Baking powder 1 sendok teh
Pewarna makanan (opsional) secukupnya

Cara Membuat Kue Putri Ayu

Setelah menyiapkan semua bahan, kalian bisa mulai membuat kue putri ayu dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Panaskan santan kental bersama daun pandan di atas kompor dengan api kecil. Aduk-aduk agar santan tidak pecah dan daun pandan aromanya meresap.

Langkah 2: Sambil menunggu santan panas, campurkan tepung terigu, maizena, gula pasir, baking powder, dan garam dalam wadah yang berbeda. Aduk rata.

Langkah 3: Setelah santan panas, saring santan untuk memisahkan daun pandan. Masukkan campuran tepung terigu dan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

Langkah 4: Tambahkan telur satu per satu ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

Langkah 5: Jika ingin memberikan warna pada kue, tambahkan pewarna makanan sedikit-sedikit dan aduk hingga warna merata.

Langkah 6: Siapkan cetakan kue putri ayu. Olesi dengan sedikit minyak agar kue tidak lengket. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh.

Langkah 7: Siapkan kukusan. Panaskan air dalam panci atau pengukus hingga mendidih. Kukus kue putri ayu selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang. Tes dengan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang masih menempel, artinya kue sudah matang.

Langkah 8: Angkat kue putri ayu dari kukusan dan biarkan dingin selama beberapa menit sebelum diangkat dari cetakan.

Penyajian Kue Putri Ayu

Setelah kue putri ayu dingin, kalian bisa melepas kue dari cetakan dan menata di atas piring. Kue putri ayu bisa disajikan sebagai cemilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan siang atau makan malam. Kue putri ayu yang dibuat sendiri di rumah memiliki rasa yang lebih segar dan nikmat, serta tentunya lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet atau bahan kimia berbahaya.

Kesimpulan

Menjadi seorang pecinta kue, tentunya akan lebih menyenangkan jika kita bisa membuat kue favorit sendiri di rumah. Salah satunya adalah kue putri ayu, yang mudah dan cepat dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa mencoba membuat kue putri ayu sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!