• Wed. Jul 17th, 2024

bumbu tumis pepaya muda

BySaputra

Dec 27, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Pasti sudah tidak sabar ya untuk membaca artikel kali ini. Kali ini, kita akan membahas tentang resep bumbu tumis pepaya muda yang lezat dan menyegarkan. Tumis pepaya muda merupakan hidangan yang sangat populer di Indonesia, terutama saat musim panen pepaya tiba. Rasanya yang unik dan segar membuat tumis pepaya muda menjadi favorit banyak orang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba resep yang satu ini!

Pepaya muda, seperti yang kita tahu, adalah buah yang kaya akan nutrisi dan serat. Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya muda membuatnya sangat baik untuk pencernaan kita. Selain itu, pepaya muda juga mengandung vitamin C dan A yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jadi, dengan mengkonsumsi tumis pepaya muda, kita tidak hanya dapat menikmati rasa lezatnya, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Untuk membuat tumis pepaya muda, kita perlu menyiapkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di dapur kita. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

1. 1 buah pepaya muda yang masih hijau2. 2 siung bawang putih, cincang halus3. 2 siung bawang merah, iris tipis4. 1 buah cabai merah besar, iris serong5. 50 gram udang, kupas kulitnya6. 2 lembar daun jeruk, iris tipis7. 1 sendok makan kecap manis8. 1 sendok makan saus tiram9. Garam secukupnya10. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan pepaya muda. Kupas dan buang bijinya, kemudian iris pepaya muda menjadi ukuran yang sesuai dengan selera. Setelah itu, rendam irisan pepaya muda dalam air garam selama beberapa menit untuk menghilangkan kegetiran.

Setelah pepaya muda direndam, kita bisa mulai menumis bawang putih dan bawang merah dalam minyak panas. Tumis hingga harum dan bawang mulai berubah warna menjadi keemasan.

Selanjutnya, masukkan cabai merah dan udang ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis hingga udang berubah warna menjadi merah keunguan.

Setelah itu, masukkan irisan pepaya muda yang sudah direndam ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan biarkan tumis selama beberapa menit hingga pepaya muda agak layu.

Tambahkan kecap manis, saus tiram, dan daun jeruk yang sudah diiris tipis ke dalam tumisan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga bumbu meresap dan tumisan pepaya muda matang sempurna.

Jika dirasa sudah cukup matang, angkat tumisan pepaya muda dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Tumis pepaya muda siap dinikmati sebagai lauk pendamping nasi hangat atau bisa juga disajikan sebagai hidangan utama.

Tumis pepaya muda yang lezat dan segar ini bisa menjadi alternatif yang menyehatkan untuk menu sehari-hari. Rasanya yang unik dan bumbu yang meresap akan menciptakan sensasi yang berbeda di lidah kita. Selain itu, dengan membuat tumis pepaya muda sendiri di rumah, kita bisa memastikan bahwa semua bahan yang digunakan segar dan bebas dari bahan pengawet atau tambahan kimia.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep tumis pepaya muda ini di rumah, Sobat Info Negeri! Dijamin, keluarga dan teman-teman akan terkesan dengan masakan lezat yang kalian sajikan. Selamat mencoba!

By Saputra