• Thu. Jul 18th, 2024

bumbu bacem tempe tahu sederhana

BySaputra

Dec 3, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep bumbu bacem tempe tahu sederhana. Siapa yang tidak menyukai masakan yang gurih dan manis seperti bacem tempe tahu? Rasanya yang lezat membuatnya menjadi hidangan yang sangat populer di Indonesia. Nah, bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba membuatnya di rumah, yuk simak resep bumbu bacem tempe tahu sederhana berikut ini!

Sebelum kita masuk ke resepnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan tempe dan tahu yang akan digunakan dalam kondisi segar dan masih dalam masa simpan yang baik. Kedua, pilih bumbu-bumbu yang berkualitas untuk mendapatkan rasa yang enak dan autentik. Jadi, ini dia resep bumbu bacem tempe tahu sederhana yang bisa Sobat Info Negeri coba di dapur!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:1. 250 gram tempe, potong-potong sesuai selera2. 250 gram tahu, potong menjadi beberapa bagian3. 3 siung bawang putih, cincang halus4. 2 lembar daun salam5. 2 batang serai, memarkan6. 3 sendok makan kecap manis7. 2 sendok makan gula merah, serut halus8. 1 sendok teh garam9. 500 ml air10. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Langkah-langkah pembuatan:1. Goreng tempe dan tahu hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bawang putih, daun salam, dan serai hingga harum.3. Masukkan kecap manis, gula merah, garam, dan air. Aduk rata.4. Masak bumbu hingga mendidih dan gula merah larut sepenuhnya.5. Setelah bumbu mendidih, masukkan tempe dan tahu yang sudah digoreng. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam tempe dan tahu.6. Masak dengan api kecil hingga bumbu menyusut dan mengental. Jika suka, tambahkan air secukupnya untuk memperoleh kepekatan yang diinginkan.7. Angkat bacem tempe tahu dan sajikan selagi hangat.

Bumbu bacem tempe tahu sederhana siap dinikmati! Sobat Info Negeri dapat menyajikannya sebagai hidangan utama bersama nasi putih hangat dan lauk pendamping seperti ayam goreng atau rendang sapi. Rasanya yang manis, gurih, dan sedikit pedas akan memanjakan lidah Anda.

Selain rasanya yang lezat, bacem tempe tahu juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Tempe mengandung protein nabati tinggi, serat, dan zat besi. Tahu juga kaya akan protein dan rendah lemak. Dengan mengonsumsi bacem tempe tahu secara teratur, Anda dapat memperoleh manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Demikianlah resep bumbu bacem tempe tahu sederhana yang dapat Sobat Info Negeri coba di rumah. Jika Sobat Info Negeri ingin menambahkan aroma dan rasa tambahan, Anda dapat menambahkan daun jeruk atau lengkuas pada bumbu bacem. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang sedang mencari resep masakan yang lezat dan praktis. Selamat memasak!

By Saputra