bumbu bacem tempe tahu jawa

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan yang sangat populer di Jawa, yaitu bumbu bacem tempe tahu. Siapa yang tidak suka tempe dan tahu? Dua bahan ini sangat terkenal di Indonesia dan sering digunakan dalam berbagai hidangan lezat. Nah, mari kita simak lebih lanjut mengenai resep bumbu bacem tempe tahu yang enak dan mudah dibuat.

Sebelum kita masuk ke dalam resepnya, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu bumbu bacem. Bacem adalah gaya memasak khas Jawa yang menggunakan bumbu yang terbuat dari gula merah, kecap manis, dan bumbu-bumbu lainnya untuk memberikan rasa manis dan gurih pada hidangan. Biasanya, bumbu bacem digunakan untuk memasak daging, ayam, atau bahkan ikan. Namun, kali ini kita akan menggunakan tempe dan tahu sebagai bahan utama.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu bacem tempe tahu jawa ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 250 gram tempe, potong kecil-kecil2. 250 gram tahu, potong kecil-kecil3. 2 lembar daun salam4. 2 lembar daun jeruk5. 2 batang serai, memarkan6. 3 siung bawang putih, cincang halus7. 4 siung bawang merah, cincang halus8. 2 cm lengkuas, memarkan9. 3 sendok makan kecap manis10. 2 sendok makan gula merah, serut11. 1 sendok teh garam12. 500 ml air

Setelah semua bahan siap, mari kita lanjutkan ke tahap memasaknya. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat bumbu bacem tempe tahu:

1. Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak di atasnya. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum.2. Masukkan tempe dan tahu ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga merata.3. Tambahkan kecap manis, gula merah, dan garam ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap selama beberapa menit.4. Tuangkan air ke dalam wajan dan masak dengan api kecil hingga air menyusut dan bumbu meresap sempurna. Pastikan tempe dan tahu matang dengan baik.5. Angkat tempe dan tahu bacem dari wajan dan sajikan dengan nasi hangat.

Voila! Bumbu bacem tempe tahu jawa siap untuk dinikmati. Hidangan ini memiliki rasa manis gurih yang khas serta tekstur tempe dan tahu yang lezat. Cocok disantap bersama keluarga di rumah atau sebagai hidangan spesial saat ada tamu yang datang.

Tidak hanya enak, hidangan ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Tempe mengandung protein nabati, serat, serta vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tahu juga kaya akan protein nabati, rendah lemak, dan mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, bumbu bacem tempe tahu juga dapat dimodifikasi sesuai dengan selera masing-masing. Jika kamu suka pedas, tambahkan sedikit cabai rawit atau saus sambal ke dalam bumbu bacem. Atau jika kamu suka rasa asam, tambahkan sedikit air asam jawa pada saat memasak.

Nah, itulah informasi mengenai bumbu bacem tempe tahu jawa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba membuat hidangan lezat ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan hasil masakanmu dengan kami. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Info Negeri!