• Thu. Jul 18th, 2024

ayam masak santan

BySaputra

Nov 12, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Pasti sedang mencari resep masakan baru yang enak dan menggugah selera, ya? Nah, kali ini kita akan membahas tentang salah satu masakan favorit yang tak bisa dilewatkan dalam hidangan Indonesia, yaitu “ayam masak santan”. Siapa yang tidak tertarik dengan masakan yang gurih, lezat, dan menggugah selera ini? Ayam masak santan adalah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa kaya rempah dan kelezatan santannya. Mari kita bahas lebih lanjut tentang resep dan cara membuatnya!

Ayam masak santan merupakan salah satu hidangan tradisional yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang lezat dan bumbu rempah yang melimpah membuat hidangan ini sering kali menjadi menu favorit di berbagai acara, termasuk dalam hidangan sehari-hari di rumah. Ayam masak santan juga sering kali disajikan dalam acara-acara spesial seperti pernikahan, ulang tahun, dan lebaran.

Untuk membuat ayam masak santan yang lezat, kita akan membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: ayam potong menjadi beberapa bagian, santan kelapa, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, daun salam, serai, cabai merah, cabai rawit, garam, gula, dan minyak goreng untuk menumis. Selain itu, kita juga bisa menambahkan bumbu-bumbu lain sesuai dengan selera, seperti kunyit dan kemiri.

Pertama-tama, kita bisa memulai dengan menumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, daun salam, dan serai dalam minyak panas. Tumis bumbu-bumbu tersebut hingga harum dan berwarna kecokelatan. Selanjutnya, masukkan ayam yang telah dipotong dan aduk rata dengan bumbu. Biarkan ayam meresap bumbu selama beberapa menit.

Setelah itu, kita bisa menambahkan santan kelapa ke dalam wajan. Pastikan santan yang digunakan cukup kental agar menghasilkan kuah yang gurih dan memiliki tekstur yang pas. Tambahkan cabai merah dan cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Jika Anda tidak terlalu suka pedas, bisa mengurangi jumlah cabai yang digunakan.

Setelah semua bahan dicampurkan, tambahkan garam dan gula secukupnya untuk memberikan rasa yang seimbang pada hidangan ini. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur merata dan biarkan ayam matang dalam santan yang mendidih. Jangan lupa untuk sesekali mencicipi kuah ayam masak santan dan menyesuaikan rasa sesuai dengan selera.

Setelah sekitar 30-40 menit, cek kematangan ayam dengan menusukkan garpu atau mencobanya dengan mencicipi daging ayam. Jika ayam sudah matang dan empuk, maka hidangan ayam masak santan siap disajikan. Hidangkan ayam masak santan dengan nasi putih hangat dan acar timun untuk menambah kenikmatan makan.

Ayam masak santan memang sangat lezat dan menggugah selera. Hidangan ini memiliki aroma rempah yang khas dan rasa santan yang kaya. Tidak hanya itu, ayam masak santan juga bisa disimpan dalam lemari es dan dihangatkan kembali untuk disantap di kemudian hari.

Selain enak, ayam masak santan juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Ayam mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Santan kelapa juga mengandung lemak sehat dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Jadi, ayam masak santan adalah hidangan yang cocok untuk dikonsumsi secara rutin.

Demikianlah artikel tentang ayam masak santan yang lezat dan menggugah selera. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang sedang mencari resep masakan baru. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan bagikan kelezatannya kepada keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

By Saputra