• Thu. Jul 18th, 2024

aneka olahan telur puyuh

BySaputra

Dec 3, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja dan selalu dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai aneka olahan telur puyuh. Siapa sih yang tidak kenal dengan telur puyuh? Telur kecil yang memiliki rasa yang lezat dan gurih ini menjadi favorit banyak orang. Nah, kita akan belajar bersama-sama bagaimana cara membuat berbagai olahan dari telur puyuh yang pastinya akan membuat lidah kalian bergoyang.

Telur puyuh, selain memiliki ukuran yang mini, juga memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan telur ayam biasa. Oleh karena itu, telur puyuh sering digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai hidangan, mulai dari hidangan pembuka, makanan penutup, hingga hidangan utama. Mari kita simak beberapa olahan telur puyuh yang dapat kalian coba di rumah.

Pertama, kita akan mulai dengan hidangan pembuka. Telur puyuh rebus adalah hidangan pembuka yang sangat populer. Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu merebus telur puyuh selama beberapa menit hingga matang. Setelah itu, kalian bisa mengupas kulitnya dan menyajikannya dengan taburan sedikit garam. Untuk variasi, kalian juga bisa mencoba menambahkan saus mayones atau saus sambal untuk memberikan sensasi rasa yang lebih nikmat.

Selain direbus, telur puyuh juga bisa diolah menjadi telur gulung. Caranya hampir sama dengan membuat telur dadar, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Kocok lepas telur puyuh dan tambahkan sedikit garam dan merica. Kemudian, panaskan sedikit minyak dalam wajan anti lengket, tuang adonan telur dan biarkan hingga matang. Gulung telur tersebut dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Telur gulung siap disajikan sebagai hidangan pembuka yang menarik.

Selain hidangan pembuka, telur puyuh juga bisa dijadikan hidangan utama. Misalnya, telur puyuh balado. Caranya, goreng telur puyuh hingga matang dan sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar yang sudah diiris halus. Tambahkan sedikit gula, garam, dan saus sambal sesuai selera. Setelah itu, masukkan telur puyuh yang sudah digoreng tadi ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam telur puyuh. Telur puyuh balado siap dihidangkan dengan nasi putih hangat.

Bagi yang ingin mencoba hidangan penutup dengan telur puyuh, kalian bisa membuat pudding telur puyuh. Caranya, campurkan telur puyuh dengan susu kental manis, susu cair, dan sedikit vanili. Aduk rata hingga tercampur sempurna. Kemudian, tuang adonan ke dalam cetakan serta kukus selama kurang lebih 20-25 menit. Dinginkan dan sajikan dalam keadaan dingin. Pudding telur puyuh ini akan menjadi hidangan penutup yang menyegarkan setelah makan.

Well, itulah beberapa olahan telur puyuh yang bisa kalian coba di rumah. Tentu saja masih banyak lagi variasi olahan lainnya yang bisa kalian bereksperimen sesuai dengan selera masing-masing. Selain rasanya yang lezat, telur puyuh juga kaya akan nutrisi. Telur puyuh mengandung protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Sekian artikel kali ini mengenai aneka olahan telur puyuh. Semoga kalian dapat terinspirasi untuk mencoba membuatnya di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk terus membaca artikel lainnya di Sobat Info Negeri. Sampai jumpa lagi!

By Saputra