aneka masakan terong ungu

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang aneka masakan terong ungu. Terong ungu bukan hanya memberikan keunikan dengan warnanya yang cantik, tetapi juga menghadirkan berbagai manfaat kesehatan. Dalam artikel ini, kita akan mengulas berbagai resep masakan terong ungu yang lezat dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Jadi, baca terus ya!

Terong ungu dikenal dengan berbagai nama di berbagai daerah di Indonesia, seperti terong telunjuk, terong bali, atau terong jepara. Warna ungu pada kulit terong ini disebabkan oleh senyawa bernama antosianin, yang juga memiliki efek antioksidan yang tinggi. Selain itu, terong ungu juga mengandung serat, vitamin C, dan kalium yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan saat memasak terong ungu adalah menghilangkan rasa pahitnya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa pahit pada terong ini. Salah satunya adalah dengan merendam irisan terong dalam air garam selama beberapa saat sebelum dimasak. Dengan cara ini, rasa pahit pada terong ungu akan berkurang.

Sekarang, mari kita lihat beberapa resep masakan terong ungu yang bisa kita coba di rumah.

1. Sate Terong Ungu

Bahan-bahan:- Terong ungu, potong menjadi irisan- Bawang putih, haluskan- Kecap manis- Garam dan merica secukupnya- Tusuk sate

Cara membuat:1. Rendam irisan terong dalam air garam selama 15 menit.2. Campurkan bawang putih halus, kecap manis, garam, dan merica dalam wadah.3. Tumis irisan terong dalam minyak panas hingga matang.4. Tusuk irisan terong ke tusuk sate.5. Olesi terong dengan campuran bumbu yang telah disiapkan.6. Panggang sate terong ungu di atas bara api hingga terong matang dan bumbu meresap.

2. Pepes Terong Ungu

Bahan-bahan:- Terong ungu, potong menjadi irisan- Ikan teri, cuci bersih- Bawang merah, iris tipis- Daun salam- Daun jeruk- Garam secukupnya- Minyak untuk menumis

Cara membuat:1. Panaskan minyak dalam wajan.2. Tumis bawang merah, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.3. Masukkan irisan terong ungu dan ikan teri ke dalam wajan.4. Tambahkan garam secukupnya.5. Aduk rata dan masak hingga terong matang dan ikan teri tercampur merata.6. Siapkan daun pisang sebagai pembungkus.7. Letakkan campuran terong dan ikan teri di atas daun pisang.8. Bungkus dan kukus selama beberapa menit hingga matang.

3. Tumis Terong Ungu

Bahan-bahan:- Terong ungu, potong menjadi irisan- Bawang putih, iris tipis- Cabai merah, iris tipis (sesuai selera)- Garam secukupnya- Minyak untuk menumis

Cara membuat:1. Panaskan minyak dalam wajan.2. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.3. Masukkan irisan terong ungu ke dalam wajan.4. Tambahkan garam secukupnya.5. Aduk rata dan masak hingga terong matang dan bumbu meresap.6. Angkat dan sajikan.

Itulah beberapa resep masakan terong ungu yang dapat kita coba di rumah. Terong ungu tidak hanya enak dan lezat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Selain itu, terong ungu juga bisa menjadi alternatif bagi vegetarian atau vegan yang ingin menikmati hidangan yang bergizi dan enak.

Jangan ragu untuk mencoba resep-resep di atas dan eksperimen dengan bumbu tambahan sesuai selera. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah variasi dalam menu masakan di rumah. Selamat mencoba, Sobat Info Negeri!