• Thu. Jul 18th, 2024

agar kue bawang tidak keras

BySaputra

Sep 19, 2023

Hello teman-teman pembaca yang budiman! Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat kue bawang agar tidak keras saat digigit. Siapa sih yang tidak suka dengan kue bawang? Camilan yang satu ini memang sangat populer di Indonesia. Namun, terkadang kita suka mendapatkan kue bawang yang terlalu keras saat digigit dan rasanya jadi tidak enak. Nah, dalam artikel kali ini, saya akan memberikan tips dan trik untuk membuat kue bawang yang empuk dan enak. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Pilih Bahan yang Berkualitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih bahan yang berkualitas. Pastikan bahan-bahan yang digunakan segar dan tidak sudah kadaluarsa. Selain itu, pilih bahan dengan kualitas yang baik, seperti tepung terigu yang bagus dan bawang yang segar.

2. Jangan Terlalu Banyak Mengaduk Adonan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat membuat kue bawang adalah terlalu banyak mengaduk adonan. Padahal, semakin banyak diaduk, semakin tercampur rata, bukan? Namun, hal ini justru akan membuat adonan menjadi keras saat digoreng. Oleh karena itu, aduk adonan dengan perlahan dan cukup sampai tercampur rata saja.

3. Gunakan Minyak yang Tepat

Pemilihan minyak yang tepat juga berpengaruh pada kualitas kue bawang yang dihasilkan. Lebih baik menggunakan minyak sayur yang sehat dan tidak terlalu banyak mengandung lemak jenuh. Selain itu, pilih minyak yang memiliki titik asap yang tinggi agar hasil gorengan tidak terlalu berminyak.

4. Gunakan Api yang Sedang

Saat menggoreng kue bawang, gunakan api yang sedang. Jangan terlalu panas atau terlalu kecil. Api yang terlalu panas akan membuat kue bawang cepat gosong, sedangkan api yang terlalu kecil akan membuat kue bawang menjadi keras dan tidak matang sempurna.

5. Goreng Dengan Tangan yang Bersih

Sebelum menggoreng kue bawang, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih dan kering. Jangan menggunakan tangan yang basah atau berminyak karena hal ini akan mempengaruhi hasil gorengan.

6. Goreng Dalam Waktu yang Singkat

Sebaiknya, kue bawang digoreng dalam waktu yang singkat. Jangan terlalu lama menggoreng karena hal ini akan membuat kue bawang menjadi keras dan tidak empuk.

7. Gunakan Bahan Pengembang

Untuk membuat kue bawang yang empuk, Anda juga bisa menggunakan bahan pengembang, seperti baking powder. Tambahkan sedikit baking powder pada adonan kue bawang untuk membuatnya lebih mengembang dan empuk.

8. Jangan Terlalu Banyak Tepung Maizena

Tepung maizena memang digunakan untuk membuat kue bawang menjadi renyah. Namun, jika terlalu banyak menggunakan tepung maizena, kue bawang malah akan menjadi keras. Oleh karena itu, gunakan tepung maizena secukupnya saja.

9. Tambahkan Telur

Anda juga bisa menambahkan telur pada adonan kue bawang untuk membuatnya lebih empuk. Telur akan membuat adonan lebih lembut dan kue bawang lebih empuk saat digigit.

10. Gunakan Air Dingin

Saat membuat adonan kue bawang, gunakan air dingin untuk membuat adonan lebih empuk. Air dingin juga akan membuat adonan lebih mudah diolah dan hasil kue bawang lebih empuk.

11. Jangan Terlalu Banyak Merendam Bawang

Saat membuat kue bawang, jangan terlalu banyak merendam bawang dalam adonan karena hal ini akan membuat kue bawang menjadi keras saat digoreng.

12. Tambahkan Garam Secukupnya

Tambahkan garam secukupnya pada adonan kue bawang. Jangan terlalu banyak karena hal ini akan membuat kue bawang menjadi terlalu asin dan tidak enak.

13. Jangan Terlalu Tipis atau Terlalu Tebal

Saat membuat kue bawang, pastikan ketebalannya tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Kue bawang yang terlalu tipis akan cepat gosong dan kue bawang yang terlalu tebal akan menjadi keras saat digigit.

14. Gunakan Gula Pasir

Anda juga bisa menambahkan sedikit gula pasir pada adonan kue bawang untuk membuatnya lebih empuk. Gula pasir akan membuat adonan menjadi lebih lembut dan kue bawang lebih empuk saat digigit.

15. Jangan Terlalu Padat Saat Digoreng

Saat menggoreng kue bawang, jangan terlalu banyak memasukkan adonan ke dalam wajan. Hal ini akan membuat kue bawang menjadi terlalu padat dan tidak matang sempurna.

16. Goreng Satu Per Satu

Lebih baik menggoreng kue bawang satu per satu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan terlalu banyak menggoreng sekaligus karena hal ini akan membuat kue bawang tidak matang sempurna.

17. Suhu Minyak Harus Stabil

Suhu minyak saat menggoreng kue bawang harus stabil dan tidak terlalu fluktuatif. Hal ini akan mempengaruhi hasil gorengan dan membuat kue bawang menjadi tidak empuk.

18. Tiriskan dengan Baik

Setelah selesai menggoreng kue bawang, tiriskan dengan baik agar minyak berlebih dapat terserap dengan sempurna. Hal ini akan membuat kue bawang lebih renyah dan tidak terlalu berminyak.

19. Simpan di Wadah yang Kering

Setelah kue bawang selesai digoreng, simpan di wadah yang kering dan rapat agar tidak terkena udara. Hal ini akan membuat kue bawang tetap empuk dan enak saat disantap.

20. Nikmati dengan Teh atau Kopi

Kue bawang memang enak disantap sebagai camilan atau cemilan. Namun, lebih nikmat lagi jika disantap bersama teh atau kopi hangat. Selamat mencoba!

No. Tips dan Trik
1 Pilih bahan yang berkualitas
2 Jangan terlalu banyak mengaduk adonan
3 Gunakan minyak yang tepat
4 Gunakan api yang sedang
5 Goreng dengan tangan yang bersih
6 Goreng dalam waktu yang singkat
7 Gunakan bahan pengembang
8 Jangan terlalu banyak tepung maizena
9 Tambahkan telur
10 Gunakan air dingin
11 Jangan terlalu banyak merendam bawang
12 Tambahkan garam secukupnya
13 Jangan terlalu tipis atau terlalu tebal
14 Gunakan gula pasir
15 Jangan terlalu padat saat digoreng
16 Goreng satu per satu
17 Suhu minyak harus stabil
18 Tiriskan dengan baik
19 Simpan di wadah yang kering
20 Nikmati dengan teh atau kopi

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan trik untuk membuat kue bawang agar tidak keras saat digigit. Dengan menerapkan tips-tips di atas, dijamin kue bawang yang Anda buat akan lebih empuk dan enak. Selamat mencoba!

By Saputra