• Thu. Jul 18th, 2024

tumisan simple

BySaputra

Dec 3, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan selalu sehat ya. Kali ini, saya akan berbagi tentang resep tumisan sederhana yang bisa menjadi pilihan menu sehari-hari. Bagi kalian yang memiliki waktu terbatas namun tetap ingin menyajikan hidangan lezat dan bergizi, tumisan simple ini bisa menjadi solusi yang tepat. Jadi, mari kita simak artikel ini sampai selesai!

Tumisan merupakan salah satu cara memasak yang praktis dan cepat. Dalam tumisan, bahan-bahan utama seperti sayuran, daging, atau seafood diolah dengan cepat dan disajikan dengan bumbu sederhana. Kelebihan lain dari tumisan adalah keanekaragaman bahan yang bisa digunakan. Kalian dapat mengkreasikan tumisan sesuai dengan selera dan ketersediaan bahan di dapur.

Salah satu tumisan sederhana yang patut dicoba adalah tumis buncis dan wortel. Bahan-bahan yang diperlukan cukup mudah didapatkan, yaitu 200 gram buncis segar yang sudah dipotong-potong, 2 buah wortel ukuran sedang yang sudah dipotong korek api, 2 siung bawang putih yang diiris tipis, 1 buah bawang bombay yang diiris memanjang, 2 sendok makan saus tiram, 1 sendok makan kecap manis, serta garam dan merica secukupnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumis bawang putih dan bawang bombay dengan sedikit minyak goreng di atas wajan yang sudah dipanaskan. Tumis sampai harum dan bawang putih berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah itu, masukkan buncis dan wortel ke dalam wajan. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga sayuran menjadi matang namun tetap renyah. Tumisan buncis dan wortel sederhana siap disajikan!

Selain tumis buncis dan wortel, masih banyak variasi tumisan sederhana lainnya yang bisa kalian coba. Misalnya tumis kangkung, tumis tahu, tumis tempe, atau tumis jamur. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit didapatkan. Tidak hanya praktis, tumisan juga memiliki nilai gizi yang tinggi karena menggunakan bahan utama sayuran yang kaya serat dan nutrisi.

Selain itu, tumisan juga bisa menjadi pilihan menu bagi mereka yang sedang menjalani diet sehat. Tumisan menggunakan sedikit minyak dan bumbu yang sudah diatur dengan proporsi cukup, sehingga menghasilkan hidangan yang rendah kalori dan lemak. Namun, tetap perhatikan penggunaan minyak yang digunakan agar tetap sehat dan tidak berlebihan.

Bagi kalian yang ingin menambahkan unsur protein dalam tumisan, bisa menggunakan bahan seperti ayam, sapi, atau ikan. Potongan daging atau seafood tersebut bisa ditumis terlebih dahulu sebelum ditambahkan sayuran. Dengan begitu, tumisan menjadi lebih bergizi dan bisa menjadi hidangan utama yang mengenyangkan.

Tumisan sederhana juga bisa disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi merah sebagai pendamping. Jika kalian ingin sedikit variasi, bisa mencoba tumis mie atau tumis bihun sebagai alternatif pengganti nasi. Selain itu, tumisan juga cocok disajikan dengan tambahan telur dadar atau telur mata sapi sebagai pelengkap.

Dalam menyajikan tumisan, jangan lupa untuk menambahkan sedikit hiasan agar tampak lebih menarik. Misalnya, taburi irisan daun bawang atau daun seledri di atas tumisan untuk memberikan sentuhan segar. Selain itu, tambahkan juga irisan cabai rawit jika kalian menyukai makanan pedas. Dengan begitu, tumisan sederhana kalian akan terlihat lebih menggugah selera.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai tumisan sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Selain praktis, tumisan juga lezat dan bergizi. Tumisan bisa menjadi pilihan menu sehari-hari yang tetap mengenyangkan dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba variasi tumisan yang kalian sukai. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan tumisan sederhana!

By Saputra