tumis telur puyuh

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Hari ini kita akan membahas tentang tumis telur puyuh. Siapa yang tidak suka dengan telur? Dan siapa yang tidak suka dengan tumisan yang lezat dan sederhana? Nah, tumis telur puyuh adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Meskipun sederhana, tumis telur puyuh memiliki rasa yang lezat dan kaya akan gizi. Jadi, mari kita simak lebih lanjut bagaimana cara membuat tumis telur puyuh yang lezat ini!

Sebelum kita mulai membahas resepnya, mari kita bahas sedikit tentang telur puyuh. Telur puyuh adalah jenis telur yang kecil berukuran sekitar seperempat dari ukuran telur ayam biasa. Meskipun kecil, telur puyuh ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Telur puyuh kaya akan protein, vitamin A, vitamin B12, dan mineral seperti zat besi dan fosfor. Jadi, tidak heran jika telur puyuh sering disajikan dalam berbagai hidangan di Indonesia.

Untuk membuat tumis telur puyuh yang enak, kita perlu menyiapkan beberapa bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

– 15 butir telur puyuh- 1 buah bawang merah, iris tipis- 2 siung bawang putih, cincang halus- 1 buah cabai merah besar, iris serong- 1 buah cabai hijau besar, iris serong- 1 buah tomat, potong dadu- 1 sendok makan kecap manis- 1 sendok teh kecap asin- Garam secukupnya- Merica bubuk secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kita dapat memulai proses memasak. Pertama-tama, rebus telur puyuh dalam air mendidih selama sekitar 5-7 menit hingga matang. Setelah matang, tiriskan telur puyuh dan kupas kulitnya. Jangan khawatir jika kulitnya sedikit sulit untuk dikupas, karena ini adalah bagian dari keunikan telur puyuh.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai merah dan cabai hijau, lalu tumis hingga layu. Masukkan potongan tomat dan aduk rata. Tambahkan kecap manis dan kecap asin, lalu aduk kembali hingga rata.

Setelah itu, masukkan telur puyuh yang telah dikupas ke dalam tumisan. Aduk perlahan agar telur puyuh terbalut dengan bumbu dan tumisan. Tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera Anda. Pastikan seluruh telur puyuh terbalut dengan bumbu yang merata.

Setelah semua bahan tercampur sempurna, angkat tumisan telur puyuh dari wajan dan siap disajikan. Anda dapat menyajikannya dengan nasi putih hangat dan sayuran segar sebagai pelengkap. Tumis telur puyuh ini cocok dinikmati sebagai lauk pagi, siang, atau malam hari. Rasanya yang gurih dan lezat akan membuat Anda ketagihan!

Selain enak, tumis telur puyuh juga memiliki manfaat kesehatan yang baik. Telur puyuh mengandung protein yang tinggi, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Kandungan vitamin A dalam telur puyuh juga baik untuk kesehatan mata dan kulit. Selain itu, telur puyuh juga mengandung vitamin B12 yang penting untuk produksi sel darah merah yang sehat.

Dalam sekejap, tumis telur puyuh yang lezat ini sudah siap disantap. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep tumis telur puyuh ini di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta. Jangan lupa berbagi resep ini kepada teman-teman Sobat Info Negeri agar mereka juga bisa menikmati hidangan yang lezat ini.

Demikianlah artikel tentang tumis telur puyuh yang lezat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat Info Negeri dalam mencoba resep tumis telur puyuh ini di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati!