tumis telur ceplok

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep tumis telur ceplok yang lezat dan mudah untuk dibuat. Tumis telur ceplok adalah salah satu hidangan sederhana yang sering dijadikan menu sarapan dan makan siang oleh masyarakat Indonesia. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa mencoba membuat tumis telur ceplok di rumah. Yuk, simak resepnya!

Untuk membuat tumis telur ceplok yang lezat, kamu akan membutuhkan bahan-bahan berikut:1. Telur – 4 butir2. Bawang putih – 3 siung, cincang halus3. Bawang merah – 2 buah, iris tipis4. Cabai merah – 2 buah, iris serong5. Daun bawang – 2 batang, iris halus6. Garam – secukupnya7. Lada – secukupnya8. Kecap manis – 1 sendok makan9. Minyak goreng – secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat tumis telur ceplok yang lezat:1. Pertama-tama, kocok telur dalam mangkuk besar dan beri sedikit garam dan lada secukupnya. Kocok sampai telur tercampur merata.2. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan anti lengket.3. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan warnanya berubah kecokelatan.4. Masukkan cabai merah dan daun bawang, aduk-aduk sebentar sampai layu.5. Tuangkan telur yang sudah dikocok ke dalam wajan. Biarkan sebentar hingga bagian bawah telur mulai mengeras.6. Aduk-aduk telur secara perlahan dan ratakan permukaannya di wajan. Biarkan telur matang secara merata.7. Tambahkan garam, lada, dan kecap manis. Aduk rata dengan telur yang sudah matang.8. Angkat tumis telur ceplok dari wajan dan sajikan dalam piring saji.

Tumis telur ceplok yang lezat siap untuk dinikmati! Kamu bisa menyajikannya bersama nasi hangat atau roti panggang. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas akan memanjakan lidah kamu. Selain itu, tumis telur ceplok juga sangat cocok sebagai lauk pendamping makan siang atau makan malam.

Selain lezat, tumis telur ceplok juga memiliki manfaat kesehatan. Telur mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Bawang putih memiliki khasiat antibakteri dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bawang merah mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Cabai merah kaya akan vitamin C dan capsaicin, zat yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Daun bawang mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Dalam membuat tumis telur ceplok, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan lain sesuai dengan selera dan ketersediaan. Misalnya, kamu bisa menambahkan wortel iris, jamur tiram, atau daging ayam cincang. Kreativitas dalam memasak adalah kunci untuk menciptakan hidangan yang unik dan lezat.

Nah, itu dia resep tumis telur ceplok yang lezat dan mudah untuk dibuat. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang simpel, kamu bisa menikmati hidangan yang lezat dan bergizi di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi resep ini kepada teman-teman dan keluarga ya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, Sobat Info Negeri!