tumis bihun

Hello Sobat Info Negeri! Kali ini kita akan membahas tentang resep tumis bihun yang lezat dan praktis untuk disajikan di rumah. Tumis bihun merupakan salah satu hidangan favorit di Indonesia. Rasanya yang gurih dan tekstur bihun yang kenyal membuat hidangan ini selalu menjadi pilihan yang tepat untuk dihidangkan di berbagai acara. Tanpa perlu basa-basi lagi, yuk kita simak resep lengkapnya!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tumis bihun ini sebenarnya mudah ditemukan di pasaran. Anda dapat menemukannya di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

1. 200 gram bihun2. 2 butir telur, kocok lepas3. 200 gram daging ayam, potong dadu kecil4. 100 gram udang, kupas kulitnya5. 1 buah wortel, iris tipis memanjang6. 1 batang daun bawang, iris halus7. 2 siung bawang putih, cincang halus8. 2 sendok makan kecap manis9. 1 sendok makan saus tiram10. 1 sendok teh garam11. 1/2 sendok teh merica bubuk12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan terpenuhi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus bihun hingga matang. Masukkan bihun ke dalam air mendidih dan biarkan selama beberapa menit hingga lunak. Jangan lupa untuk mencuci bihun dengan air dingin setelah merebus untuk menghentikan proses pemasakan dan mencegah bihun menjadi terlalu lembek.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang putih hingga harum. Masukkan potongan daging ayam dan udang, lalu aduk hingga berubah warna. Tambahkan wortel dan daun bawang, kemudian aduk rata. Biarkan semua bahan matang sempurna sebelum melanjutkan langkah berikutnya.

Kocok lepas telur dalam sebuah wadah terpisah. Dorong semua bahan tumisan ke tepi wajan, lalu tuangkan telur ke tengah wajan. Gunakan spatula untuk memecahkan telur menjadi potongan-potongan kecil saat sedang menggorengnya. Aduk rata telur dan tumisan hingga tercampur sempurna.

Selanjutnya, tambahkan bihun yang telah direbus ke dalam wajan. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica bubuk. Aduk rata semua bahan hingga bihun terbalut dengan bumbu dengan merata. Pastikan semua bahan tercampur dan terasa gurih.

Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna, cicipi dan sesuaikan rasa sesuai selera Anda. Jika perlu, tambahkan garam atau kecap manis sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa untuk selalu mencicipi masakan yang sedang Anda buat agar hasilnya selalu lezat.

Setelah semua bahan dan bumbu tercampur dengan sempurna, angkat tumis bihun dari wajan dan siap untuk disajikan. Anda dapat menyajikannya dalam piring saji dan diberi hiasan seperti irisan daun bawang atau seledri untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Tumis bihun siap disajikan untuk keluarga tercinta. Hidangan ini cocok untuk dijadikan menu sarapan atau makan malam. Tumis bihun juga dapat dijadikan hidangan utama pada acara spesial bersama keluarga dan teman-teman.

Selain rasanya yang lezat, tumis bihun juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan menggunakan bahan-bahan segar dan mengurangi penggunaan minyak, Anda dapat menjadikan tumis bihun ini sebagai hidangan yang sehat dan bergizi.

Demikianlah artikel tentang tumis bihun yang lezat dan praktis untuk Anda coba di rumah. Semoga resep ini dapat menambah variasi hidangan di meja makan keluarga Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati tumis bihun yang lezat!