• Sun. Jul 14th, 2024

resep masak tahu putih

BySaputra

Dec 3, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Senang sekali bisa kembali bersama dengan kalian dalam artikel kali ini. Kali ini, kita akan berbicara tentang sebuah resep masakan yang lezat dan menggugah selera, yaitu “Resep Masak Tahu Putih”. Siapa yang tidak suka dengan tahu putih yang gurih dan lezat? Yup, pasti hampir semua orang menyukainya. Nah, kali ini kita akan berbagi resep masakan yang dapat mengolah tahu putih menjadi hidangan yang lezat dan mengenyangkan. Tahu putih ini juga cocok bagi Anda yang menjalani gaya hidup vegetarian atau vegan. Yuk, simak resepnya!

Tahu putih merupakan varian tahu yang terbuat dari susu kedelai murni tanpa penambahan pewarna atau pengawet. Rasanya yang gurih dan lembut membuat tahu putih menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai hidangan. Salah satu hidangan yang bisa kita buat dengan tahu putih adalah “Tahu Goreng Bumbu Kuning”.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tahu Goreng Bumbu Kuning ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 1 kotak tahu putih2. 2 siung bawang putih, haluskan3. 2 siung bawang merah, haluskan4. 2 cm kunyit, haluskan5. 2 cm jahe, haluskan6. 1 lembar daun salam7. 2 buah cabai merah, iris tipis8. Garam secukupnya9. Gula secukupnya10. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan-bahan terpenuhi, kita bisa mulai mengolahnya. Pertama-tama, kita potong tahu putih menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian, panaskan minyak dalam wajan dan goreng tahu hingga berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan bersih. Tumis bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan daun salam hingga harum. Setelah itu, masukkan cabai merah iris dan aduk rata. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera.

Masukkan tahu goreng ke dalam bumbu kuning yang sudah kita tumis sebelumnya. Aduk rata hingga tahu terbalut dengan bumbu kuning secara merata. Masak sebentar hingga bumbu meresap ke dalam tahu.

Hidangan Tahu Goreng Bumbu Kuning siap disajikan! Tahu goreng dengan bumbu kuning yang kaya akan rempah ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Cocok disantap sebagai lauk pendamping nasi putih hangat di tengah hari yang cerah.

Selain hidangan tahu goreng, tahu putih juga bisa diolah menjadi hidangan lain yang tak kalah lezat. Salah satu hidangan lain yang bisa kita buat adalah “Tahu Bacem”. Hidangan ini terkenal dengan kelezatannya yang manis dan gurih. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tahu Bacem ini antara lain:

1. 1 kotak tahu putih2. 3 sendok makan kecap manis3. 2 sendok makan gula merah, serut4. 2 sendok makan air asam jawa5. 2 lembar daun salam6. 1 batang serai, memarkan7. Garam secukupnya8. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Tahu Bacem juga cukup mudah. Pertama-tama, kita potong tahu putih menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian, panaskan minyak dalam wajan dan goreng tahu hingga berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, dalam wajan yang sama, panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu-bumbu seperti daun salam, serai, dan gula merah serut hingga harum. Setelah itu, masukkan kecap manis, air asam jawa, dan garam secukupnya. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur dengan baik.

Masukkan tahu goreng ke dalam bumbu bacem yang sudah kita tumis sebelumnya. Aduk rata hingga tahu terbalut dengan bumbu bacem secara merata. Masak sebentar hingga bumbu meresap ke dalam tahu.

Tahu Bacem siap disajikan! Hidangan tahu dengan bumbu bacem yang manis dan gurih ini cocok disantap sebagai lauk pendamping nasi hangat atau bisa juga disajikan sebagai hidangan utama bersama dengan lalapan segar.

Tahu putih memang memiliki banyak sekali varian hidangan yang bisa kita olah. Kreativitas dalam mengolah tahu putih menjadi hidangan lezat dan bergizi sangatlah penting. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan bahan-bahan yang ada di dapur dan ciptakan hidangan tahu putih yang unik dan lezat.

Demikianlah resep masak tahu putih yang dapat kalian coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi kalian untuk mencoba membuat hidangan-hidangan lezat menggunakan tahu putih. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan tahu putih yang lezat dan bergizi!

By Saputra