• Sun. Jul 14th, 2024

resep masak kerang dara

BySaputra

Nov 16, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu baik dan sehat ya. Kali ini, kita akan membahas mengenai resep masak kerang dara yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan hidangan laut yang segar dan nikmat seperti kerang dara? Tak hanya lezat, kerang dara juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Jadi, mari kita simak bersama-sama resep masak kerang dara yang bisa kita coba di rumah.

Kerang dara merupakan salah satu jenis kerang yang populer dan sering dijadikan sebagai hidangan lezat. Biasanya, kerang dara diolah dengan berbagai bumbu dan saus untuk memberikan cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Nah, berikut ini adalah resep masak kerang dara yang bisa Sobat Info Negeri coba sendiri di dapur kalian.

Bahan-bahan yang diperlukan:- 500 gram kerang dara segar- 4 siung bawang putih, cincang halus- 2 batang daun bawang, iris tipis- 1 buah cabai merah besar, iris serong- 2 sendok makan saus tiram- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan kecap asin- 1 sendok teh gula pasir- 1 sendok teh merica bubuk- 1 sendok teh minyak wijen- 1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan sedikit air- Garam secukupnya- Minyak goreng secukupnya- Air secukupnya

Cara membuat:1. Pertama-tama, bersihkan kerang dara dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang menempel. Jangan lupa juga untuk membuang kerang yang sudah terbuka atau rusak.2. Setelah kerang sudah bersih, rebus kerang dalam air mendidih selama beberapa menit hingga cangkangnya terbuka. Angkat dan tiriskan kerang dari air rebusan, sisihkan.3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai merah, aduk rata.4. Masukkan kerang dara ke dalam wajan, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.5. Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, gula pasir, merica bubuk, dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam kerang.6. Tuangkan air secukupnya, aduk rata. Masak hingga air mendidih dan sedikit surut.7. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk rata hingga kuah mengental.8. Terakhir, tambahkan daun bawang dan minyak wijen, aduk rata. Matikan api.9. Angkat kerang dara yang sudah matang dan siap untuk disajikan.

Itulah resep masak kerang dara yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Hidangan ini dapat disantap sebagai menu utama ataupun lauk untuk makan siang atau malam. Kerang dara yang lezat dengan cita rasa yang kaya dan gurih akan memanjakan lidah kalian. Selain itu, kerang dara juga kaya akan protein dan mineral yang baik untuk tubuh kita.

Sobat Info Negeri juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera dan preferensi kalian. Misalnya, bisa ditambahkan potongan tomat, paprika, atau bawang bombay untuk menambahkan variasi rasa dan tekstur dalam hidangan ini. Selain itu, sobat juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasan dengan menambahkan atau mengurangi jumlah cabai merah sesuai dengan selera pribadi.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas dalam memasak. Pastikan kerang dara yang Sobat Info Negeri beli masih segar dan dalam kondisi baik. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan kerang dengan benar sebelum diolah agar kotoran dan pasir tidak mengganggu saat makan.

Nah, itulah resep masak kerang dara yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Selamat menikmati hidangan lezat ini bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Info Negeri!

By Saputra