resep masak jantung ayam

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masak jantung ayam yang lezat dan nikmat. Jantung ayam merupakan bagian yang sering diabaikan oleh sebagian orang, namun sebenarnya jantung ayam juga bisa diolah menjadi hidangan yang lezat dan bergizi. Yuk, simak resep berikut ini!

Sebelum kita mulai, pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masakan ini. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

– 500 gram jantung ayam, bersihkan dan cuci hingga benar-benar bersih- 2 buah jeruk nipis, peras airnya- 3 siung bawang putih, cincang halus- 2 cm jahe, parut halus- 2 batang serai, memarkan- 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan saus tiram- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- minyak goreng secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan terkumpul, langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam jantung ayam dalam air jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada jantung ayam. Setelah direndam, bilas jantung ayam hingga bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan serai dan daun jeruk, aduk-aduk hingga layu. Kemudian masukkan jantung ayam yang telah direndam dan aduk rata. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga jantung ayam berubah warna dan matang.

Setelah matang, angkat jantung ayam dan sajikan dalam piring saji. Jantung ayam siap disajikan dan dinikmati. Hidangan ini dapat disantap langsung atau bisa juga disajikan sebagai lauk pendamping nasi hangat.

Jantung ayam mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, zat besi, vitamin B12, dan selenium. Nutrisi-nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, jantung ayam juga rendah kalori sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Selain cara di atas, jantung ayam juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lainnya seperti sate, pepes, atau tumis. Kalian bisa eksplorasi lebih lanjut dengan kreativitas sendiri.

Itulah resep masak jantung ayam yang lezat dan nikmat. Selain memberikan variasi dalam menu makanan sehari-hari, masakan ini juga kaya akan nutrisi penting bagi tubuh kita. Jadi, jangan ragu untuk mencoba masak jantung ayam di rumah ya, Sobat Info Negeri! Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan yang telah kalian buat.