resep ikan masak kuning

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep ikan masak kuning yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan hidangan berbahan dasar ikan yang segar dan gurih? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui bagaimana cara membuat ikan masak kuning yang enak dan lezat.

Ikan masak kuning merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sangat populer. Hidangan ini biasanya terdiri dari ikan segar yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning yang khas. Bumbu kuning ini terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai, dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Untuk membuat hidangan ini, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan utamanya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

– 1 ekor ikan segar (ikan mas, ikan mujair, atau ikan nila), bersihkan dan potong-potong- 2 batang serai, memarkan- 4 lembar daun jeruk purut- 3 lembar daun salam- 2 cm lengkuas, memarkan- 3 cm jahe, memarkan- 5 siung bawang merah, iris tipis- 3 siung bawang putih, iris tipis- 3 buah cabai merah besar, iris serong- 3 buah cabai hijau besar, iris serong- 2 sendok makan minyak kelapa- 500 ml santan dari 1 butir kelapa- Garam secukupnya- Air secukupnya

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menumis bumbu-bumbu. Panaskan minyak kelapa di dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai hijau hingga harum. Tambahkan serai, daun jeruk purut, daun salam, lengkuas, dan jahe. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dan harum.

Selanjutnya, masukkan ikan yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam ikan. Tuangkan santan ke dalam wajan, lalu tambahkan air secukupnya. Tambahkan garam sesuai dengan selera.

Biarkan ikan masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan santan mengental. Pastikan ikan matang sempurna dan bumbu meresap ke dalam daging ikan. Setelah itu, hidangan ikan masak kuning siap disajikan.

Hidangan ikan masak kuning ini cocok disantap dengan nasi putih hangat dan sambal terasi yang pedas. Rasanya yang gurih, sedikit pedas, dan sedikit manis akan menggugah selera makan Anda. Anda pun dapat menambahkan beberapa potongan tomat dan irisan daun bawang untuk memberikan sentuhan warna dan rasa yang segar pada hidangan ini.

Selain lezat, ikan masak kuning juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Ikan yang digunakan sebagai bahan utama hidangan ini mengandung protein yang tinggi serta asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu kuning juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti antiinflamasi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan pencernaan.

Sobat Info Negeri, itulah resep ikan masak kuning yang lezat dan menggugah selera. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan hidangan lezat ini di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan bumbu dan rempah-rempah sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan ikan masak kuning yang enak dan sehat!