• Thu. Jul 18th, 2024

resep bumbu telur balado

BySaputra

Dec 6, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini, kami akan berbagi resep bumbu telur balado yang lezat dan praktis untuk Sobat coba di dapur. Siapa yang bisa menolak kelezatan telur balado yang gurih dan pedas? Aroma harum dan rasa yang menggigit membuat hidangan ini sangat populer di Indonesia. Nah, tidak perlu berlama-lama lagi, yuk kita simak resepnya!

Telur balado adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari telur rebus yang dilumuri dengan bumbu balado, yang terkenal karena kepedasannya. Bumbu balado ini dihasilkan dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, dan beberapa bahan lainnya. Tanpa menunggu lama lagi, mari kita mulai membuatnya!

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan berikut:- 6 butir telur, rebus setengah matang- 5 buah cabai merah besar, iris tipis- 3 buah cabai rawit merah, iris halus (sesuai selera)- 5 siung bawang merah, iris tipis- 3 siung bawang putih, cincang halus- 2 buah tomat, potong dadu kecil- 1 batang serai, memarkan- 2 lembar daun jeruk, iris tipis- 1 sendok makan gula pasir- 1 sendok teh garam- Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan tersedia, langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan kecokelatan. Kemudian, tambahkan cabai merah dan cabai rawit. Aduk rata dan masak hingga cabai layu.

Selanjutnya, masukkan serai, daun jeruk, dan potongan tomat. Aduk rata dan masak hingga tomat lembek. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Aduk rata hingga gula larut dalam bumbu.

Setelah itu, masukkan telur yang sudah direbus setengah matang ke dalam wajan. Aduk rata hingga bumbu merata di seluruh permukaan telur. Tutup wajan dan biarkan bumbu meresap ke dalam telur selama kurang lebih 5-10 menit.

Telur balado yang pedas dan gurih siap disajikan! Hidangkan telur balado dengan nasi hangat dan potongan mentimun segar sebagai pelengkapnya. Rasakan sensasi pedas dan gurihnya bumbu telur balado yang menggoyang lidah.

Tidak hanya lezat, telur balado juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Telur merupakan sumber protein yang baik, sedangkan cabai mengandung senyawa capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, tidak ada salahnya menikmati hidangan ini dengan porsi yang seimbang.

Demikianlah resep bumbu telur balado yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menginspirasi Sobat untuk mencoba masakan baru. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan tambahan bahan lain sesuai dengan selera. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan yang pedas dan lezat ini!

By Saputra