• Thu. Jul 18th, 2024

resep bumbu kering tempe

BySaputra

Dec 22, 2023

Hello Sobat Info Negeri!

Jika Sobat Info Negeri sedang mencari resep bumbu kering tempe yang lezat dan mudah dibuat, maka Sobat Info Negeri telah datang ke tempat yang tepat! Tempe adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia, dan memiliki banyak variasi dalam penyajiannya. Salah satu cara yang paling sederhana dan lezat untuk menikmati tempe adalah dengan membuatnya menjadi bumbu kering. Bumbu kering tempe adalah hidangan yang gurih dan renyah, yang dapat dinikmati sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai camilan sederhana. Yuk, kita simak resepnya!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu kering tempe ini sangat sederhana dan mudah ditemukan di dapur Sobat Info Negeri. Pertama, kita akan membutuhkan 200 gram tempe, yang telah dipotong tipis-tipis. Selain itu, Sobat Info Negeri juga perlu menyiapkan 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 1 sendok teh ketumbar bubuk, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, 1 sendok makan kecap manis, dan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tempe.

Langkah pertama dalam membuat bumbu kering tempe adalah dengan menggoreng tempe hingga kecokelatan. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang, lalu masukkan tempe yang telah dipotong tipis. Goreng tempe hingga kecokelatan, sambil terus diaduk agar matang merata. Setelah tempe berubah warna menjadi kecokelatan dan terlihat renyah, angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan yang sama, lalu tumis bawang putih hingga harum. Setelah itu, tambahkan ketumbar bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak selama beberapa saat agar bumbu meresap ke dalam minyak. Kemudian, tambahkan tempe yang telah digoreng ke dalam wajan, dan aduk rata dengan bumbu.

Selanjutnya, tambahkan kecap manis ke dalam adonan tempe, dan aduk rata hingga bumbu tercampur merata ke seluruh tempe. Pastikan semua potongan tempe terlapisi dengan bumbu yang gurih dan sedap. Setelah itu, biarkan tempe berada di atas wajan dengan api kecil selama beberapa menit, agar bumbu dapat meresap dengan sempurna ke dalam daging tempe.

Setelah bumbu kering tempe matang, angkat dari wajan dan tiriskan. Sobat Info Negeri dapat menyajikannya sebagai hidangan utama, lauk pendamping nasi, atau sebagai camilan sederhana saat bersantai di rumah. Bumbu kering tempe ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, serta aroma yang menggugah selera. Dipadukan dengan nasi hangat, bumbu kering tempe ini akan menjadi hidangan yang sangat lezat dan memuaskan.

Selain enak, bumbu kering tempe juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Tempe sendiri mengandung banyak protein nabati, serat, dan nutrisi penting lainnya. Dengan menambahkan bumbu kering yang gurih dan sedap, Sobat Info Negeri dapat menikmati hidangan yang sehat dan lezat dalam satu waktu. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba resep ini!

Demikianlah resep bumbu kering tempe yang sederhana dan lezat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang simpel, Sobat Info Negeri dapat membuat hidangan yang enak dan bergizi untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba dan semoga bumbu kering tempe ini dapat menjadi hidangan favorit di rumah Sobat Info Negeri!

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri. Semoga resep ini dapat berguna dan menginspirasi Sobat Info Negeri untuk mencoba hidangan yang baru dan lezat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Salam hangat,

[Your Name]

By Saputra